Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mari Mengenal Profesi Interpreter
Siker.id | 14 Jan 2022 15:00


Bagikan ke
Mengenal lebih dekat profesi interpreter. (siker)

siker.id - Interpreter adalah seseorang yang bertugas untuk menerjemahkan bahasa asing secara dua arah tanpa menggunakan kamus atau bahan referensi tambahan lainnya. Ada dua macam jenis pekerjaan interpreter, yaitu interpreter konsekutif dan interpreter simultan. Interpreter konsekutif adalah mereka yang menerjemahkan sesuatu yang diungkapkan secara lisan dalam beberapa waktu dengan jeda waktu tertentu, sedangkan interpreter simultan adalah mereka yang menerjemahkan sesuatu secara spontan.

Baca juga: Apa Itu Interpreter dan Apa Saja Tugasnya?

Tugas Interpreter

Berikut ini beberapa tugas seorang interpreter:

• Memahami tema yang akan dibicarakan – Sebagai seseorang yang akan menyampaikan sebuah pesan ke orang lain, interpreter harus memahami tema yang akan dibicarakan lebih dahulu. Selain tema, interpreter juga harus memahami poin-poin yang akan disampaikan oleh pembicara.

• Menerjemahkan apa yang disampaikan pembicara ke bahasa audiens. Biasanya, pembicara menggunakan bahasa yang tidak dikuasai oleh audiens. Namun, pembicara menyampaikan hal-hal penting dalam acara tersebut.

• Menyampaikan hal-hal yang disampaikan pembicara tanpa mengubah makna. Meskipun kamu tahu bahwa audiens tidak memahami apa yang disampaikan pembicara secara langsung, sebagai interpreter, kamu harus menyampaikan semua yang dikatakan pembicara tanpa mengubah maknanya.

Syarat Menjadi Seorang Interpreter

Untuk bisa menjadi seorang interpreter Anda harus memenuhi beberapa syarat berikut ini:

• Memiliki kemampuan dalam menggunakan bahasa asing baik dalam skill menulis, berbicara, dan mendengarkan

• Bisa menggunakan komunikasi verbal secara baik dan mudah diterima oleh audiens

• Memiliki kemampuan mendengarkan yang baik, agar dapat menyampaikan pesan dengan baik kepada audiens

• Harus mampu berpikir dengan cepat mengolah terjemahan dari apa yang disampaikan oleh pembicara

Keahlian Interpreter

Berikut ini beberapa keahlian yang wajib dimiliki oleh seorang interpreter dalam menjalankan tugasnya:

1. Komunikasi dan Media

Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

Baca juga: Apa Definisi dan Tugas Seorang Penerjemah?

2. Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

3. Bahasa Asing

Pengetahuan tentang struktur dan konten dari bahasa asing (selain Bahasa Inggris), termasuk arti dan pengejaan kata, aturan komposisi dan tata bahasa, serta pelafalan.

4. Hukum dan Pemerintahan

Pengetahuan tentang hukum, aturan hukum, prosedur pengadilan, preseden, regulasi pemerintah, perintah ekskutif, aturan lembaga, dan proses politik yang demokratis.

5. Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Sekian artikel tentang seluk beluk profesi interpreter. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Jurusan Favorit Bagi Siswa Lulusan Bahasa


Editor: Theo Adi -

     

Komentar