5 Manfaat Artificial Intelligence bagi Bisnismu!
Siker.id | 13 Jul 2022 13:00


Bagikan ke
Manfaat Artificial Intelligence (siker)

siker.id – Hari ini, teknologi menjadi hal penting dalam membantu pekerjaan. Salah satunya, Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan, biasa disingkat AI. Kecerdasan Buatan ini ialah suatu bidang ilmu komputer yang dikhususkan untuk memecahkan masalah kognitif yang umumnya terkait dengan kecerdasan manusia, seperti pemecahan masalah, pembelajaran, dan pengenalan pola.

AI mungkin berkonotasi dengan robotika atau adegan futuristik karena AI dapat mengungguli robot fiksi ilmiah, ke dalam non-fiksi ilmu komputer canggih modern. Dengan adanya AI, pekerjaan yang umumnya dilakukan banyak tenaga, kini dapat dipegang hanya dengan sistem operasi yang canggih. Pekerjaan seperti customer service misalnya.

Dengan menggunakan chatbot otomatis, kalian hanya perlu membuat model jawaban dari pertanyaan yang umumnya ditanyakan oleh konsumen tanpa perlu bersusah payah menjawab berbagai pertanyaan dari konsumen tersebut. Oleh karena itu, dalam hal ini kalian dapat menghemat biaya perekrutan tenaga, lho.

Nah, kira-kira, apa saja manfaat yang bisa kamu dapetin dari AI ini untuk bisnismu? Yuk, simak di bawah ini, ya!

Baca Juga: Tak Punya Skill, Ini 4 Tips Berkarir Di Industri Teknologi

Efisiensi Bisnis

AI sendiri sudah digunakan dan diadopsi dalam beberapa tahun terakhir di berbagai industri untuk membantu operasi yang lebih efisien. Manfaat AI untuk bisnis tergolong banyak termasuk menyederhanakan struktur perusahaan sehingga dapat membantu menyelaraskan struktur dan strategi perusahaan. Selain itu, penggunaan AI juga mampu mengembangkan sistem tinjauan manajemen sebagai bagian dari proses evaluasi perusahaan dan mengembangkan Key Performance Indicators (KPI) sebagai metode dalam mengukur kinerja.

Mereduksi Human Error

Kecerdasan buatan mempunyai kelebihan dalam mempelajari, memahami, mengotomatisasi, dan meniru perilaku manusia yang cerdas. Tentu, hal tersebut dapat membantu dalam mengubah proses instrumen kepercayaan dan menghilangkan human error serta process failure. AI bisa memprediksi instrumen dan perilaku manusia tertentu dan mengarahkannya langsung menuju tindakan pasti dan menghindari human error seperti kualitas terukur, keamanan proses meningkat, dan jumlah produk pengiriman terhitung.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Rekrutmen Perusahaan di Era Teknologi

Efisiensi Proses Penjualan

Teknologi ini juga mampu membantu proses penjualan barang atau produk kamu menjadi lebih efisien. Kamu tidak perlu lagi membalas pertanyaan berulang dari konsumen, sibuk menghitung total pembelian dan ongkos kirim, dan standy by 24 jam menghadapi konsumen. Semua dapat ditangani dengan teknologi kecerdasan buatan ini.

Efektivitas Promosi

Artificial Intelligence ini sangat membantu kamu dalam menganalis target dan jenis promosi yang lebih efektif.

Akses terhadap data yang luas juga memungkinkan kamu dalam menggali potensi yang lebih besar melalui pencarian profil pengguna, kata kunci, maupun data online lainnya.

Analisis Feedback Konsumen

AI juga dapat digunakan untuk menganalisis komentar maupun tanggapan konsumen terhadap produk yang telah dirilis.

Contohnya, umpan balik maupun keluhan konsumen dapat dideteksi melalui platform media sosial yang populer. Hal tersebut akan memudahkan perusahaan dalam mengevaluasi dan mengembangkan produk-produk yang dihasilkan.

Nah itu tadi, 5 Manfaat Artificial Intelligence bagi Bisnismu yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut Tren Terbaru Perekrutan Era Teknologi


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar