Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini 5 Keuntungan Bekerja Sebagai Jurnalis
Siker.id | 17 Jan 2022 12:00


Bagikan ke
Keuntungan bekerja sebagai jurnalis. (siker)

siker.id - Setiap pekerjaan memiliki tantangan dan kekurangannya masing-masing, tak terkecuali sebagai seorang jurnalis. Namun, dibalik semua kekurangannya, banyak juga keuntungan yang bisa dinikmati dari menjalani profesi sebagai jurnalis. Buat kamu yang tertarik untuk menjadi seorang jurnalis, yuk simak beberapa keuntungannya berikut ini.

Baca juga: Mari Mengenal Profesi Interpreter

Bertualang

Orang yang suka travelling sepertinya harus mempertimbangkan karir di bidang jurnalisme. Wartawan sering jalan-jalan atau berkeliling untuk mendapatkan berita. Anda memiliki kesempatan unutk mengunjungi tempat yang mungkin tidak pernah Anda datangi sebelumnya.

Keragaman

Jurnalisme adalah bidang yang sangat beragam, di mana Anda melakoni berbagai bidang. Misalnya Anda awalnya adalah wartawan ekonomi, kemudian dipindah ke pos berita olahraga, kesehatan, politik atau gaya hidup. Tentu keragaman ini memperkaya hidup Anda. Jika Anda bosan dalam pekerjaan yang itu-itu saja dan tidak berkembang, jurnalis adalah karir yang tepat. Setiap pos berita memiliki tantangan dan kelebihan sendiri, sehingga wartawan harus terus beradaptasi dengan kondisi yang disajikan pada setiap waktu yang berbeda.

Bertemu orang penting

Tidak semua pekerjaan membuat Anda bisa bertemu presiden, artis, musisi atau tokoh penting lainnya. Namun, jika Anda menjadi seorang jurnalis, segalanya menjadi mungkin. Anda bisa mewawancarai sejumlah tokoh penting dengan leluasa karena Anda punya akses sebagai wartawan. Anda bisa datang ke berbagai seminar besar, konser musik dengan gratis karena profesi Anda untuk meliput dan menulis berita.

Baca juga: Berikut Profesi Dengan Tingkat Stres Tinggi

Mempunyai jaringan pertemanan yang luas

Satu hal yang harus Anda ingat bahwa menjalani profesi sebagai seorang jurnalis membuat kamu memiliki jaringan pertemanan yang sangat luas, mulai dari kalangan menengah bawah sampai atas dan juga rekan jurnalis dari media lainnya. Hal ini tentunya akan mempermudah kamu untuk melakukan berbagai hal, termasuk salah satunya saat mencari pekerjaan baru. Tidak jarang juga dari profesi sebagai jurnalis ini Anda bisa mendapatkan banyak pekerjaan sampingan untuk menambah uang saku.

Jam kerja fleksibel

Jam kerja di media sebagai jurnalis juga dikenal cukup fleksibel, bahkan terkesan bebas. Hal ini karena jurnalis lebih banyak menghabiskan waktunya di luar untuk liputan dan menghadiri berbagai acara. Berbeda dengan pekerja kantoran yang sudah memiliki jam masuk dan pulang kantor yang sudah ditetapkan.

Sekian artikel tentang keuntungan bekerja sebagai jurnalis. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Profesi Bergaji Tinggi Tahun 2022


Editor: Theo Adi -

     

Komentar