Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Pekerjaan yang Diprediksi Hilang Dimasa Depan
Siker.id | 02 Jan 2022 18:15


Bagikan ke
Pekerjaan yang diprediksi akan hilang dimasa depan. (siker)

siker.id - Kemajuan teknologi berkembang pesat seiring perubahan zaman. Di era Revolusi Industri 4.0 di mana semuanya kita dituntut untuk tetap efektif dan efisien dalam melakukan pekerjaan. Tidak dapat dipungkiri, kehadiran teknologi memiliki andil yang cukup besar dalam hidup manusia, Kemudahan yang ditawarkan lewat teknologi menjadikan setiap pekerjaan yang dilakukan terasa lebih mudah dibandingkan tanpa adanya teknologi seperti sebelumnya. Meskipun banyak kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi, seperti automasi, kecerdasan buatan, tetapi perkembangan teknologi di atas juga memiliki dampak negatif untuk manusia. Hal ini dikarenakan beberapa bidang pekerjaan bisa digantikan dengan hadirnya teknologi. Berikut ini pekerjaan yang diprediksi akan hilang karena perkembangan teknologi.

Baca juga: Berikut Ini Manfaat Sertifikasi Profesi Dalam Dunia Kerja

1. Agen Travel

Pernah ada suatu ketika saat ingin memesan liburan musim panas ke Malaga adalah mampir ke agen perjalanan pada sabtu sore, membaca sekilas brosurnya. Saat ini, dengan melimpahnya situs yang mudah digunakan, siapa pun dapat mengatur liburan mereka sendiri. Yang perlu disiapkan hanyalah kartu bank, dan beberapa jam luang untuk meneliti tujuan liburan Anda. Banyak operator perjalanan menyadari hal ini, menutup cabang, dan fokus pada layanan online mereka.

2. Kasir

Beberapa orang mulai membicarakan dalam beberapa tahun terakhir tentang realitas masyarakat yang akan hidup tanpa uang tunai. Dengan kemajuan pembayaran tanpa kontak, Apple Pay, dan bahkan investasi mata uang krypto seperti Bitcoin menonjol di masyarakat. Meskipun tidak semua orang setuju dan beberapa lebih memilih tetap menggunakan uang tunai untuk melacak pengeluaran mereka dengan lebih baik, satu hal yang pasti: persyaratan orang untuk menangani pembayaran tidak ada lagi.

3. Pembawa Surat

Meskipun masih ada kebutuhan akan kurir untuk mengirimkan parcel, tetapi tidak bagi pembawa surat tradisional. Terutama karena hal yang mereka kirimkan tidak akan ada dalam 20 tahun ke depan. Dengan tagihan dan laporan yang dilihat lalu dibayar secara online, surat akan pindah dari kotak surat ke email. Penulisan surat telah sekarat sejak lama. Meski demikian, ada perusahaan yang masih dengan putus asa meminta tagihan listrik sebagai bukti alamat. Sebagian besar perusahaan utilitas telah lama mengabaikan pernyataan kertas.

Baca juga: Bagaimana Cara Membagi Waktu Antara Pekerjaan dan Keluarga?

4. Teller Bank

Kantor cabang yang dikelola oleh teller akan tergilas dengan kehadiran teknologi teller. Peran teller telah mengalami penurunan tajam dalam 15 tahun terakhir dan 10 tahun ke depan akan menghilangkan sebagian besar pekerjaan dalam bentuk ATM yang lebih maju. Secara khusus, prospek 10 tahun dari tahun 2014 sampai 2024 adalah pekerjaan teller akan turun sebesar delapan persen.

5. Telemarketing

Karir lain yang bermasalah adalah telemarketing. Para telemarketer sedang dalam perjalanan kalah karena kehadiran teknologi. Kabar buruknya adalah keberadaan mereka tidak akan lama lagi karena pemasaran jarak jauh sedang in. Tidak ada prediksi mengenai kapan dan bagaimana penggantian telemarketing menjadi kombinasi teknologi dan robot. Selain itu, pekerjaan ini menurun karena orang sudah merasa terganggu dengan adanya telepon dari telemarketing, kasus penipuan oleh telemarketing, hingga pencurian database.

Sekian artikel tentang pekerjaan yang diprediksi akan hilang dimasa depan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Bila Mulai Tidak Nyaman Pada Pekerjaan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar