Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Menjalani Management Trainee
Siker.id | 24 Jun 2022 07:00


Bagikan ke
Jalani managenet trainee (siker)

siker.id - Management trainee (MT) merupakan program pelatihan karyawan baru pada perusahaan. Umumnya, program tersebut diberikan kepada karyawan fresh graduate atau berpengalaman singkat agar mendapatkan pelatihan mengenai seluruh proses operasional perusahaan. Dibutuhkan tips sukses jalani management trainee, sebab dalam program ini kandidat harus melewati proses yang panjang dan persaingan ketat. Harapannya, setelah melewati proses tersebut, kandidat dapat ditempatkan pada posisi strategis pada tingkat manajemen perusahaan. Berikut tipsnya!

Baca juga: Apa Kelebihan dan Kekurangan Management Trainee?

Mempertajam kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional sangat dibutuhkan oleh kamu yang akan menjadi pemimpin dalam suatu perusahaan. Saat memimpin, kamu akan berinteraksi dengan banyak orang di berbagai situasi. Memiliki kecerdasan emosional yang baik akan membuatmu lebih tenang dalam bersikap di berbagai situasi, sehingga akan menghasilkan keputusan yang tepat. Kecerdasan emosional juga akan menjagamu dari tindakan otoriter dalam memimpin, menjadi lebih terbuka terhadap masukan dan memiliki pengendalian diri yang kuat saat terjadi hal yang tidak terduga. Kamu juga akan lebih mudah untuk berjejaring dan membangun hubungan dengan banyak pihak.

Tingkatkan kemampuan time management

Untuk menjadi seorang pemimpin dengan segudang pekerjaan yang harus dilakukan, kamu harus memiliki strategi untuk mengatur waktu dengan baik. Tetapkan juga tenggat waktu pekerjaan pada diri sendiri dan karyawan lain. Kunci untuk bisa mengatur waktu dengan baik adalah dengan menjadi seorang yang fokus. Dengan kemampuan tersebut, permasalahan dalam pekerjaan akan mudah diselesaikan. Untuk lebih mengefisiensi waktu, delegasikan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh bawahan.

Baca juga: Apa Peran Management Trainee Bagi Perusahaan?

Fleksibel dan terbuka dengan ide-ide baru

Kehidupan berkembang dengan begitu cepat di segala lini. Sebagai seorang calon pemimpin, sudah seharusnya kamu memiliki sifat fleksibel dan terbuka akan ide-ide baru. Jika kamu terus menggunakan cara lama, bukan tidak mungkin bahwa hal tersebut sudah tidak efektif lagi untuk diterapkan saat ini. Meski harus fleksibel, tapi kamu juga harus memiliki prinsip dan keyakinan yang harus kamu pegang dalam menduduki kursi kepemimpinan. Jangan sampai fleksibilitas itu melenceng jauh dari prinsip yang kamu pegang.

Sekian artikel tentang tips dalam menjalani management trainee. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Manfaat Supply Chain Management dalam Perusahaan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar