- Bagaimana Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Cari Muka?
- Berikut Tips Mengatasi Grogi di Depan Rekan Kerja
- Bagaimana Cara Membangun Networking Yang Baik?
- Berikut tips Membangun Komunikasi Dengan Rekan Kerja
- Berikut Manfaat Membangun Relasi Dengan Rekan Kerja
- Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Suka Menyindir
- Berikut Ini Tanda Rekan Kerja Membencimu
- Berikut Tips Menghindari Konflik Dengan Rekan Kerja
- Bagaimana Mengatasi Rasa Iri Pada Rekan Kerja?
- Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Pemalas
siker.id - Hubungan kerja berperan penting dalam membina karier dan meraih kepuasan kerja. Untuk menjalin hubungan kerja yang positif, belajarlah mendengarkan rekan kerja secara aktif, berkomunikasi dengan baik, menghargai diri sendiri dan orang lain di tempat kerja. Selain itu, Anda harus berkompromi dan mengenal rekan kerja secara personal. Selain menciptakan lingkungan kerja yang positif, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat yang lain dengan menjalin hubungan kerja yang positif.
Berikut ini beberapa tips menjalin relasi kerja yang positif:
Baca juga: 4 Tips Tidak Mudah Diadu Domba Rekan Kerja
Sediakan waktu untuk saling bertemu
Langkah-langkah berikut akan bermanfaat jika Anda ingin membina relasi dengan seseorang yang sudah dekat dengan Anda, namun Anda merasa sulit untuk memahami mereka. Apalagi jika teman Anda adalah seorang yang introvert atau pemalu, dan mereka merasa tidak nyaman untuk membicarakan hal-hal yang serius atau pribadi di depan orang banyak.
Dengarkan secara aktif
Biarkan mereka menceritakan masalah mereka, apa yang mereka rasakan, atau apa saja yang sedang membebani mereka. Berusahalah agar percakapan Anda tidak teralihkan dan perhatikan mereka baik-baik. Inilah yang disebut mendengarkan secara aktif, dan kembangkan terus kemampuan ini dengan berlatih. Matikan dulu ponsel Anda, menghadaplah ke arah orang yang sedang berbicara sambil sekali-sekali mengangguk atau mengatakan ya untuk menunjukkan bahwa Anda mendengar apa yang mereka katakan. Teruslah berlatih agar Anda bisa fokus pada apa yang sedang mereka katakan, bukan pada cara Anda menanggapi ucapan mereka atau merencanakan tanggapan Anda.
Perhatikan bahasa tubuh Anda
Sambil mendengarkan, perhatikan ekspresi wajah dan isyarat tubuh mereka, atau gerakan-gerakan yang lainnya. Jika mereka menyilangkan lengan, bergerak menjauh, atau melakukan gerakan berulang yang terkesan gugup seperti merapikan rambut, mungkin mereka merasa tidak nyaman. Ajaklah mereka membicarakan topik yang lebih sederhana.
Berhentilah sejenak untuk memahami sudut pandang orang lain
Tundalah keinginan Anda untuk langsung menanggapi dengan jawaban yang pertama kali terpikirkan oleh Anda, dan cobalah membayangkan dulu bagaimana perasaan mereka. Bahkan jika Anda menganggap bahwa mereka menginterpretasikan situasi dengan cara yang salah, cobalah menempatkan diri seolah-olah Anda sedang berada di posisi mereka dan mempunyai pandangan yang sama tentang apa yang sedang terjadi.
Sekian artikel tentang tips menjalin relasi kerja yang baik. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: 3 Tips Jaga Jarak dengan Rekan Kerja yang Manipulatif
Editor: -
Komentar
- Bagaimana Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Cari Muka?
- Berikut Tips Mengatasi Grogi di Depan Rekan Kerja
- Bagaimana Cara Membangun Networking Yang Baik?
- Berikut tips Membangun Komunikasi Dengan Rekan Kerja
- Berikut Manfaat Membangun Relasi Dengan Rekan Kerja
- Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Suka Menyindir
- Berikut Ini Tanda Rekan Kerja Membencimu
- Berikut Tips Menghindari Konflik Dengan Rekan Kerja
- Bagaimana Mengatasi Rasa Iri Pada Rekan Kerja?
- Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Pemalas