4 Cara Mengatasi Miskomunikasi Antar Rekan Kerja
Siker.id | 17 Feb 2022 17:10


Bagikan ke
Mengatasi miskomunikasi antar rekan kerja. (siker)

siker.id - Miskomunikasi merupakan hal yang umum terjadi dalam proses komunikasi tiap perusahaan. Komunikasi dalam perusahaan melibatkan banyak orang baik dari lapisan atasan maupun bawahan. Bayangkan jika miskomunikasi terjadi dalam lapisan tersebut berlarut-larut. Pasti menyebabkan masalah lain dalam perusahaan.

Karena dapat membahayakan proses bisnis perusahaan, miskomunikasi tidak dapat dibiarkan begitu saja. Berikut cara mengatasi miskomunikasi dalam perusahaan!

Baca juga: 3 Tips Jaga Jarak dengan Rekan Kerja yang Manipulatif

Berhenti berasumsi

Asumsi adalah penyebab sesungguhnya miskomunikasi. Dalam kebanyakan kasus ketika seorang karyawan bertanya kepada karyawan yang lain mengapa ia tidak mengikuti instruksi yang diberikan, jawabannya sudah jadi bahwa ia berasumsi bahwa itu harus dilakukan dengan cara ini.

Jadi alangkah baiknya periksa lagi apakah orang yang terlibat dalam komunikasi telah memahami arah komunikasi dengan benar atau tidak. Ingat, mendengarkan secara aktif sangat berbeda dari mendengar sesuatu secara pasif.

Jadilah pendengar yang baik

Mendengarkan dengan cermat dapat dengan mudah menghindari miskomunikasi dan mampu dengan cepat memahami arahan tepat serta menghilangkan hambatan yang dapat menimbulkan masalah miskomunikasi. Luangkan waktu yang diperlukan untuk memahami umpan balik verbal dan nonverbal untuk memahami masalah ini. Dengarkan bahasa tubuh orang yang berbicara.

Baca juga: Tips Dihormati oleh Rekan Kerja

Mengajukan Pertanyaan

Cara terbaik untuk menghindari miskomunikasi adalah dengan mengajukan pertanyaan yang relevan. Pertanyaan membuat konsep jauh lebih jelas dan membantu mendapatkan pemahaman yang lebih baik. Jangan menyela seseorang ketika dia berbicara. Catat dan tulis poin-poin utama sehingga mengajukan pertanyaan terkait dapat dilakukan dengan mudah. Jika ragu untuk bertanya, bahkan mintalah klarifikasi jika memang diperlukan.

Berpikirlah Sebelum Berbicara

Jika ingin menghindari miskomunikasi, seseorang perlu mengucapkan kata-kata yang bermakna dan itu mungkin dengan mengaturnya secara tertib. Dalam sebuah percakapan, penting untuk tetap fokus pada topik dan mempertahankan nada yang seimbang dan sikap positif. Alih-alih melemparkan diri ke dalam percakapan, ambillah jeda untuk menenangkan pikiran dan merenungkan kata-kata yang akan dikeluarkan saat berkomunikasi.

Sekian artikel tentang tips mengatasi miskomunikasi antar rekan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tanda Anda Terlalu Baik Sebagai Rekan Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar