icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Tips Tidak Mudah Diadu Domba Rekan Kerja
Siker.id | 23 Feb 2022 14:15


Bagikan ke
Tips tidak mudah diadu domba rekan kerja. (siker)

siker.id - Adu domba merupakan istilah yang digunakan untuk membuat dua atau lebih pihak yang ada saling bertikai atau berselisih paham. Biasanya hal ini dilakukan oleh seseorang dengan berlandaskan tujuan tertentu dan dalam konteks yang cenderung negatif.

Baik di lingkungan rumah atau bahkan di tempat kerja, orang yang gemar melakukan adu domba selalu saja ada. Hal ini membuatmu harus ekstra hati-hati bersikap agar tak sampai jatuh dalam jeratan konflik pekerjaan. Jika kamu memiliki rekan kerja yang gemar melakukan adu domba, maka beberapa tips penting berikut ini patut dilakukan untuk menyikapinya.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Miskomunikasi Antar Rekan Kerja

Berusaha bersikap netral

Bersikap netral merupakan hal yang sulit dilakukan, apalagi dalam kondisi yang dipenuhi emosi. Terkadang cukup sulit untuk mengontrol diri apabila sudah mendengar hal-hal yang negatif.

Itu lah mengapa sebaiknya kamu mengontrol diri dengan berusaha bersikap netral. Hal ini akan membuatmu mencoba menahan diri untuk tidak mudah mengambil kesimpulan apapun secara gegabah.

Selalu tanamkan pikirkan yang positif

Meski 'adu domba' bukanlah tindakan yang menyenangkan, namun kamu tetap harus mengontrol cara berpikirmu ketika diadu domba. Selalu berusaha menanamkan pikiran positif adalah sesuatu yang baik.

Jika kamu hanya fokus pada pikiran negatif, maka hal ini akan membuatmu sulit untuk menahan emosi. Dampaknya kamu akan bersikap gegabah dan tidak hati-hati.

Baca juga: 3 Tips Jaga Jarak dengan Rekan Kerja yang Manipulatif

Menjaga image diri dengan sebaik mungkin

Image-mu sangat diperhatikan saat kamu diadu domba oleh orang lain. Rekan kerja di kantor yang melakukan hal tersebut biasanya sangat ingin melihat reaksi marah dari dirimu.

Tentu jangan berikan apa yang ia inginkan, sebab itu adalah sebuah kesalahan besar. Coba untuk tetap menjaga image diri secara positif dan sebaik mungkin. Hal ini hanya akan memberikan kekecewaan bagi rekan kerja yang mengadu domba.

Tidak mendahulukan emosi

Hal yang paling utama yang harus diingat adalah dengan tidak mendahulukan emosi. Kamu mungkin pada beberapa situasi merasa kesal dengan apa yang dilakukan rekan kerjamu, namun emosi tak akan menyelesaikan segalanya.

Kamu justru akan berisiko terjebak dalam perangkap apabila mendahulukan emosi. Kontrol terlebih dahulu emosimu sebelum mengambil solusi atau penengah dari hal tersebut.

Sekian artikel tentang tips tidak mudah di adu domba rekan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Dihormati oleh Rekan Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar