Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Upaya Menciptakan Kantor Ramah Lingkungan
Siker.id | 15 Feb 2022 18:00


Bagikan ke
Menciptakan kantor ramah lingkungan. (siker)

siker.id - Di lingkungan kecil, kita menghasilkan emisi dari kendaraan pribadi atau sampah rumah tangga. Di lingkup organisasi, sebuah perusahaan dapat menghasilkan polusi udara dan cairan limbah. Untuk mengurangi efek tersebut, organisasi dapat menerapkan prinsip kantor ramah lingkungan.

Kebijakan tentang mencetak dokumen secara selektif terdengar tidak berpengaruh dalam operasional perusahaan maupun upaya penyelamatan hutan. Anggapan itu tidak salah, jika Anda hanya melakukannya dalam hitungan hari.

Bila semua karyawan menerapkannya setiap hari secara disiplin, perusahaan berkontribusi terhadap lingkungan berkelanjutan. Namun Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Bagaimanapun juga, Anda membutuhkan bantuan semua pihak untuk menciptakan kantor ramah lingkungan.

Berikut ini upaya menciptakan kantor ramah lingkungan:

Baca juga: 4 Tips Mencari Kandidat Sesuai Visi-Misi Perusahaan

Menciptakan nuansa alam

Menciptakan nuansa alam bukan hanya meletakkan tanaman di sekitar ruang kerja. Memang, tanaman dapat menyerap polutan seperti benzene, formaldehyde, carbon monoxide, dan trichloroethylene, serta memproduksi udara segar dan oksigen.

Jika kantor Anda memungkinkan karyawan membawa atau menanam tanaman, lakukan saja. Karena menurut NASA, 87% polutan udara di kantor dapat dihilangkan oleh tanaman selama 24 jam.

Cara lain, mengganti cat dinding dengan warna terang (putih atau krem) akan menimbulkan efek terang, sehingga tak perlu menggunakan atau meminimalisir penggunaan lampu.

Daur ulang sebisa mungkin

Jika lingkungan kantor kemungkinan Anda mendaur ulang sampah, lakukan. Misal:

• Pisahkan sampah organik, plastik, botol, dan elektronik atau yang mengandung bahan kimia, seperti komputer, ponsel, baterai, dan lainnya.

• Kelola sampah organik digunakan sebagai pupuk tanaman.

• Kelola sampah plastik menjadi ecobrick.

• Untuk yang berada di Jabodetabek, Anda dapat mengirimkan sampah elektronik ke EwasteRJ, gudang Dinas Lingkungan Hidup Jakarta, atau Waste4Change.

• Menyervis peralatan elektronik tepat waktu.

Baca juga: Berikut Alasan Kandidat Sering Ditolak Perusahaan

Paperless

Dokumen merupakan surat yang tertulis atau tercetak yang dapat dipakai sebagai bukti keterangan. Kini, dokumen tak harus dicetak, karena dokumen bisa tersimpan secara elektonik.

Untuk mengupayakan paperless, tim HR bersama manajemen harus mempunyai peraturan mengenai pencetakan dokumen serta menyimpan data digital melalui cloud storage. Penyimpanan berbasis cloud tidak merogoh kocek dalam.

Ciptakan tim berkelanjutan

Saat menciptakan tim berkelanjutan, katakanlah kepada mereka bahwa keberlanjutan perusahaan juga ada di tangan karyawan –selain manajemen dan pimpinan–.

Dengan demikian tim memiliki tanggung jawab serta ide untuk membuat kantor ramah lingkungan dari perspektif berbeda. Kalau mereka tidak tertarik melakukan upaya ini, ada baiknya untuk melakukan pelatihan perilaku eco-friendly dari ahlinya.

Sekian artikel tentang upaya menciptakan kantor ramah lingkungan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan ke banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Beberapa Jenis Prosedur Audit di Perusahaan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar