icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Tips Mencari Kandidat Sesuai Visi-Misi Perusahaan
Siker.id | 07 Feb 2022 10:30


Bagikan ke
Mencari kandidat yang sesuai visi perusahaan. (siker)

siker.id - Menemukan karyawan yang memiliki kemampuan hebat dan cocok dengan perusahaan memang bukan hal mudah. Hal ini karena tidak semua kandidat yang mendaftar bisa cocok dengan visi misi dari perusahaan itu. Karena untuk menyatukan visi misi dengan kandidat yang sesuai membutuhkan usaha dan kerja keras agar pola piker kandidat nantinya saat bekerja bisa sejalan dalam membangun perusahaan lebih baik lagi. Berikut ini adalah beberapa cara untuk merekrut kandidat-kandidat terbaik, yang sesuai visi perusahaan!

Baca juga: Berikut Langkah Memilih Kandidat yang Tepat

Temukan orang yang tepat

Penulis buku The Human Capital Edge, Bruce N. Pfau dan Ira T. Kay mengatakan, orang dengan spesifikasi kemampuan serta sejarah karir sesuai industri perusahaan lah yang harus Anda rekrut. Kesamaan latar belakang industri, dan kemampuan adalah mengindikasikan kualitas kandidat terbaik. Gunakan strategi ini untuk membangun tim kerja yang solid.

Libatkan karyawan dalam proses rekrutmen

Beri kesempatan pada karyawan untuk merekomendasikan kandidat terbaik bagi perusahaan. Izinkan juga mereka membantu Anda memilah kualifikasi kandidat yang cocok. Mereka juga dapat membantu mewawancarai kandidat yang ada. Orang yang terlibat secara langsung dalam proses rekrutmen pastilah berniat untuk membantu karyawan baru sukses. Semua ini dilakukan untuk mendapatkan yang terbaik bagi perusahaan dan karyawan baru Anda.

Baca juga: 5 Hal Yang Perlu di Ingat Bagi Pelamar Fresh Graduate

Berikan penawaran gaji yang lebih tinggi

Lakukan survei tentang gaji yang ditawarkan perusahaan sejenis. Untuk dapat menarik kandidat terbaik, tentunya gaji yang ditawarkan perusahaan juga harus kompetitif.

Orang-orang terbaik bisa saja meninggalkan perusahaan karena menemukan gaji yang lebih tinggi. Buat mereka tertarik, dengan menawarkan gaji yang sesuai. Investasi ini tidak akan sia-sia, karena untuk mendapat yang terbaik, memang butuh biaya tak sedikit.

Cari kandidat dari karyawan yang sudah ada

Memberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan diri bagi karyawan, dapat menumbuhkan semangat kerja mereka. Oleh sebab itu, selalu umumkan lowongan posisi baru secara internal terlebih dahulu. Lakukan wawancara dengan kandidat yang Anda pikir cocok. Terkadang, kandidat terbaik justru ada di antara karyawan yang sudah Anda miliki.

Sekian artikel tentang tips mendapatkan kandidat sesuai visi-misi perusahaan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Alasan Kandidat Sering Ditolak Perusahaan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar