Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tingkatkan Produktivitas Kerja dengan Cara Ini !
Siker.id | 25 Nov 2021 16:35


Bagikan ke

siker.id - Produktivitas dalam pekerjaan mengacu pada kemampuan seseorang dalam menghasilkan lebih banyak tugas atau pekerjaan daripada ukuran normal atau standarnya. Secara teknis, pengertian mengenai produktivitas yaitu suatu perbandingan antara sumber daya yang dibutuhkan (input) dengan hasil yang diperoleh atau dicapai (output).

Pengukuran produktivitas pada pekerja juga memiliki beberapa manfaat yaitu sebagai evaluasi. Dengan adanya evaluasi, perusahaan dapat melakukan perbaikan secara efektif seperti perbaikan dan pembaharuan cara kerja, serta memberikan informasi bagi perusahaan terkait perkembangan produktivitas dari waktu ke waktu.

Baca juga: Jadi Seorang Pemimpin Wajib Punya Karakter Ini

Jika Anda merasa kurang produktif dibanding rekan kerja, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

1. Rencanakan apa yang akan dikerjakan

Biasakan diri untuk merencanakan pekerjaan Anda. Ada dua pendekatan yang dapat Anda coba. Pertama, merencanakan pekerjaan sehari sebelumnya. Kedua, merencanakan pekerjaan mingguan di Minggu sore atau malam. Secara pribadi, saya lebih suka perencanaan mingguan. Mengapa? Karena saya dapat memperoleh gambaran pekerjaan yang akan dikerjakan dalam seminggu ke depan.

2 Memperkirakan Waktu

Tujuan dari penyusunan rencana kerja adalah Anda dapat memperkirakan waktu dan menyusun strategi untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Sebagai contoh, Anda memerlukan waktu sekitar 3 jam untuk menyelesaikan tugas A dan 1 jam untuk menyelesaikan tugas B. Anda bisa menyusun strategi untuk menyelesaikan kedua tugas tersebut dalam waktu kurang dari 4 jam.

3. Minimalkan interupsi

Rekan kerja yang mengajak mengobrol mungkin tampak tidak berbahaya. Tetapi, interupsi singkat sekalipun bisa mengganggu ritme kerja dan menurunkan produktivitas kerja. Coba minimalkan interupsi dengan mengatur waktu 'tak bisa diganggu', misal dengan menutup pintu ruangan, atau bekerja dari rumah untuk proyek yang sensitif terhadap waktu.

Baca juga: Apa Kelebihan dan Kekurangan PNS dan Swasta?

4. Istirahatlah secara berkala

Tips kerja produktif adalah dengan tidak melupakan waktu istirahat. Berkaitan dengan poin pertama, beristirahatlah di antara interval 90 menit waktu kerja Anda. Istirahat dapat membantu meningkatkan konsentrasi sehingga bisa dijadikan cara meningkatkan produktivitas kerja Anda.Melakukan beberapa kali istirahat singkat saat mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan waktu lama, bahkan terbukti secara ilmiah dapat membantu mempertahankan performa Anda secara konstan.

5. Olahraga Teratur

Stamina yang baik akan membantu meningkatkan produktivitas Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Dengan berolahraga, tubuh yang lelah akibat tekanan pekerjaan dapat terpulihkan. Tidak perlu olahraga yang berat, Anda bisa melakukan aktivitas olahraga ringan seperti jogging atau jalan kaki minimal 30 menit.

Penjelasan di atas dapat Anda jadikan sebagai referensi dan tambahan pengetahuan untuk membantu Anda lebih produktif. Anda juga memerlukan strategi tertentu untuk meningkatkan produktivitas kerja, maka tidak ada salahnya Anda mencoba cara-cara tersebut.

Baca juga: Simak ! Tips Melatih Kemampuan Problem Solving

 


Editor: Bagus -

     

Komentar