icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Cara Merespon Kritikan di Tempat Kerja
Siker.id | 19 Jan 2022 08:00


Bagikan ke
Cara merespon kritikan di tempat kerja. (siker)

siker.id - Bagi karyawan, kritikan sudah menjadi makanan sehari-hari di lingkungan kerja. Respons yang diberikan atas kritik ini pun beragam. Ada yang mencoba tidak mengambil hati dan menganggap ini sebagai dorongan untuk lebih baik kedepannya. Namun, tidak sedikit pula yang sulit menerima kritikan hingga membuatnya trauma. Kritikan merupakan suatu hal yang tidak bisa kamu duga sebelumnya. Lalu, bagaimana sebaiknya kamu merespon beragama kritikan di tempat kerja ini? Berikut ulasannya!

Baca juga: Berikut Tips Menyampaikan Kritik Yang Sopan

1. Ingat kritik bukan serangan

Saat ada seseorang yang memberikan kritik kepada kita, baik itu atasan atau teman, pasti akan muncul perasaan untuk ingin membela diri. Dalam situasi yang profesional sebaiknya jangan tunjukan emosi dan dengarkan saja kritikan tersebut. Pikirkan bahwa sebenarnya kritikan bukanlah sebuah serangan. Cobalah redam emosi negatif itu dan tidak memberikan respon apa pun. Pasalnya, jika kamu langsung memberikan respon biasanya yang keluar adalah kata-kata untuk konfrontasi.

2. Lihat sisi positifnya

Menerima kritik memang tidak akan mudah apalagi jika hal yang dikritik adalah hasil kerja keras kita. Namun, saat seseorang sudah memberikan feedback kepada hasil kerja kita meskipun itu sebuah kritikan, tetaplah harus dihargai. Bagaimana pun juga orang tersebut telah menilai hasil pekerjaan kita. Meskipun menerima sebuah kritik lewat feedback negatif dan tidak sesuai dengan harapan, janganlah mudah untuk mengambil hati atau bahkan baper.

3. Jangan membuat alasan

Saat menerima suatu kritik, jangan pernah langsung membuat alasan di hadapan orang tersebut. Cobalah untuk mendengarkan terlebih dahulu bagian mana yang kena kritik. Kamu tidak perlu membuang tenaga dan waktu untuk membenarkan diri dan membuat alasan saat menerima kritik. Hal itu malah akan meningkatkan risiko terjadi konfrontasi dan menyebabkan pertengkaran. Lebih baik miliki pola pikir bahwa saat mendapatkan kritik berarti akan ada hal yang bisa dipelajari. Jangan pernah merasa paling benar dan merasa tidak pernah membuat kesalahan.

Baca juga: Bagaimana Cara menghadapi Kritik di Tempat Kerja?

4. Tanggapi dengan bahasa tubuh yang bersahabat

Selain emosi yang tenang, pastikan kamu merespons dengan sikap yang baik juga. Coba atur ekspresi wajah, pandangan mata, postur tubuh, dan gerakan tubuh yang menunjukkan ketenangan. Sepedas apapun kritikan yang diberikan, tetaplah memasang bahasa tubuh yang bersahabat. Jangan malah memasang ekspresi wajah kesal atau gerak-gerik yang menyangkal. Untuk itu, penting memperhatikan bahasa tubuh supaya kamu tetap terlihat profesional.

5. Mengevaluasi diri

Kritikan bukanlah ajang untuk merendahkan atau bahkan menjelek-jelekkanmu. Justru sebaliknya, kritikan merupakan ajang untuk memperbaiki diri demi kemajuan kinerjamu kedepan. Coba renungkan setiap poin-poin kritik yang diberikan. Kemudian fokuslah pada poin yang bersifat membangun.

Sekian artikel tentang cara merespon kritikan di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Pentingnya Sikap Cuek di Tempat Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar