Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Menghadapi Persaingan di Dunia Kerja?
Siker.id | 28 Nov 2021 12:30


Bagikan ke
Persaingan dalam dunia kerja memang selalu ada dan lebih panas. (siker)

siker.id - Harus disadari oleh Anda bahwa hidup di dunia kerja adalah sebuah persaingan dan kita wajib menjadi pemenang tanpa menjatuhkan pesaing di dunia kerja. Untuk itu kita harus segera menyikapi dengan sigap dan cekatan dalam menghadapi pesaing di dunia kerja. Bila tidak maka Anda akan merasa tertekan dengan suasana kerja yang penuh dengan persaingan. Berikut ini cara menghadapi persaingan di dunia kerja!

Baca juga: Ingin Bertahan dari Tekanan Pekerjaan? Lakukan Cara Ini

1. Berpikir Positif

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah berpikir positif tentang persaingan tersebut. Tanamkan di benak Anda bahwa persaingan itu bagus untuk Anda, rekan kerja, dan kinerja perusahaan. Hal ini karena persaingan akan membuat semua karyawan mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Kemampuan terbaik tersebut untuk mengejar posisi yang lebih atas, memperoleh gaji yang lebih tinggi, mendapatkan reputasi baik, atau mendapatkan proyek yang lebih menantang.

2. Tingkatkan Keterampilan

Cara selanjutnya adalah meningkatkan keterampilan Anda. Fokuslah pada apa yang menjadi keunggulan Anda. Hal ini akan mendorong Anda untuk mencurahkan energi dan upaya menghilangkan kelemahan Anda, bukan mencurahkan energi dan upaya untuk mengeluh. Untuk meningkatkan keterampilan, yang perlu Anda lakukan adalah:

• Identifikasi keterampilan terkait pekerjaan yang belum atau kurang Anda kuasai

• Hubungi atasan dan minta agar Anda diberi pelatihan keterampilan tersebut

• Beri penjelasan yang bagus saat meminta pelatihan tersebut agar atasan Anda menyetujuinya

• Ikuti pelatihan yang diijinkan oleh atasan Anda

3. Tetap Fokus Kerja

Teman kerja yang suka saingan pastinya akan selalu mencari perhatianmu. Mereka adalah tipe orang yang selalu ingin diperhatikan oleh semua orang. Itulah mengapa dengan tidak menghiraukannya pasti bisa membuat mereka merasa kesal sendiri. Anda tidak perlu memberikan perhatian dan cukup fokus pada pekerjaanmu di kantor. Jika memang ada keperluan, Anda bisa melakukan interaksi seperlunya saja. Agar Anda bisa fokus dan tidak kepikiran dengan teman kerja yang suka saingan lebih baik mencoba meningkatkan skill.

Baca juga: Cara Mengatasi Atasan Memberi Pekerjaan Diluar Job Desc

4. Menegurnya Langsung

Setelah menjaga jarak dan tidak mempedulikannya, biasanya teman yang suka saingan itu juga tidak akan mengganggu lagi. Akan tetapi, jika ia melakukan hal yang sebaliknya dan malah membuat persaingan semakin ekstrem, maka sudah waktunya untuk memberikan teguran. Jika didiamkan ia tetap tidak mau berubah, sebaiknya Anda beranikan diri untuk membicarakannya langsung dengannya. Penting untuk berkomunikasi langsung dengan teman yang suka saingan. Akan tetapi hal itu harus dilakukan secara pribadi dan sopan.

5. Bekerja Melebihi Deskripsi Kerja Anda

Persaingan adalah peluang untuk menonjolkan kinerja. Oleh karena itu, bekerja melebihi deskripsi kerja Anda adalah langkah tepat untuk tujuan tersebut. Mengerjakan tugas-tugas tambahan dari atasan lebih baik dibanding Anda membuang-buang waktu yang dimiliki saat pekerjaan Anda sudah selesai. Mintalah tugas tersebut secara tulus, bukan karena Anda mengharapkan kompensasi uang.

6. Membina Hubungan Baik Dengan Atasan

Dalam perusahaan yang mengedepankan prestasi, peran atasan sangat penting dalam mengembangkan karier bawahannya. Binalah hubungan baik dengan atasan agar Anda memiliki hubungan profesional dan reputasi baik di mata atasan. Ini diharapkan dapat membantu Anda dalam persaingan kerja. Beberapa contoh kegiatan yang dapat membantu Anda dalam membina hubungan baik dengan atasan adalah:

• Menyapanya saat bertemu

• Mengerjakan tugas yang diberikannya dengan cepat, teliti, dan akurat

• Berbicara secara sopan saat mengutarakan keinginan Anda

• Inisiatif melaporkan perkembangan proyek yang sedang dikerjakan

• Mengobrol dengan dia di saat rehat

• Berkunjung ke rumahnya untuk silaturahmi

Sekian artikel tentang tips menghadapi persaingan dunia kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Menyeimbangkan Pekerjaan Dengan Kehidupan Pribadi?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar