Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Simak ! Tujuan Melakukan Assesment Menurut Para Ahli
Siker.id | 24 Nov 2021 17:15


Bagikan ke

siker.id - Assessment mungkin merupakan istilah yang jarang didengar oleh karyawan, namun sebenarnya hal ini selalu dilakukan saat perusahaan sedang merekrut karyawan baru atau menilai layak atau tidaknya seorang karyawan untuk naik jabatan.

Assessment atau disebut juga dengan penilaian adalah suatu penerapan dan penggunaan berbagai cara dan alat untuk mendapatkan serangkaian informasi tentang hasil belajar dan pencapaian kompetensi dari peserta didik.

Hasil penilaian pembelajaran adalah hasil analisis sejumlah fakta tentang performance (unjuk kerja) peserta didik dalam proses penguasaan kompetensi yang diharapkan. Fakta-fakta yang dikumpulkan, diolah, dianalisis, diinterpretasi, dan disimpulkan merupakan jabaran kompetensi yang diharapkan (kompetensi dasar minimal) ke dalam sejumlah sub-kompetensi beserta sejumlah indikator dan deskriptor tertentu. Pengumpulan fakta atau bukti kinerja peserta didik menggunakan instrumen yang disusun berdasarkan indikator pencapaian kompetensi.

Baca juga: Yuk, Simak ! Prospek Kerja Teknik Nuklir

Berikut tujuan melakukan assesment menurut para ahli

Menurut pendapat dari Chittenden (1994) ia menyatakan bahwa tujuan dari penilaian “assessment purpose” merupakan “keeping track”, checking up, finding out and summming up.

Keeping Track

Keeping track yaitu berguna dalam menelusuri dan melacak proses belajar dari peserta didik yang mana sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah diterapkan. Maka dalam hal ini guru wajib mengumpulkan data dan informasi dalam kurun waktu tertentu dari berbagai jenis dan teknik penilaian agar mendapatkan gambaran suatu pencapaian dan kemajuan belajar dari peserta didik.

Checking Up

Checking Up yaitu berguna dalam mengecek suatu pencapaian dan kemampuan dari peserta didik didalam proses belajar dan kekurangan-kekurangan dari peserta didik pada saat mengikuti proses pembelajaran. Dengan kata lain, dalam hal ini guru sangat penting dalam melaksanakan penilaian afar dapat mengetahui bagian mana dari materi yang telah dikuasai peserta didik dan bagian dari materi yang belum dikuasai.

Finding Out

Finding Out merupakan suatu proses mencari, menemukan dan mendeteksi kekurangan kesalahan atau kelemahan dari peserta didik dalam proses belajar, sehingga guru dapat dengan tanggap dalam mencari alternatif untuk penyelesaiannya.

Summing Up

Summing Up merupakan suatu cara dalam menyimpulkan tingkat penguasaan siswa terhadap kompetensi yang telah ditetapkan. Hasil dari penyimpulan ini yang mana dapat digunakan oleh guru dalam menyusun laporan kemajuan belajar ke berbagai pihak yang saling membutuhkan.

Baca juga: Berikut Prospek Kerja Lulusan Radiologi

Menurut Sumardi & Sunaryo (2006)

• Memperoleh data yang relevan, objektif, akurat dan komprehensif tentang kondisi anak saat ini

• Mengetahui profil anak secara utuh terutama permasalahan dan hambatan belajar yang dihadapi, potensi yang dimiliki, kebutuhan-kebutuhan khususnya, serta daya dukung lingkungan yang dibutuhkan anak

• Menentukan layanan yang dibutuhkan dalam rangka memenuhi kebutuhan-kebutuhan khususnya dan memonitor kemampuannya.

Menurut Salvia dan Yesseldyke seperti dikutif Lerner (1988: 54)

Assessment dilakukan untuk lima keperluan yaitu :

• Penyaringan (screening)

• Pengalihtanganan (referal)

• Klasifikasi (classification)

• Perencanaan Pembelajaran (instructional planning)

• Pemantauan kemjuan belajar anak (monitoring pupil progress)

Dari semua yang dijabarkan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa assessment berperan cukup penting dalam mengetahui seseorang lebih lanjut.

Baca juga: Peluang Kerja Lulusan Rekam Medis, Baca Ini

 


Editor: Bagus -

     

Komentar