Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Keunggulan yang Dimiliki Fresh Graduate, Selengkapnya
Siker.id | 27 Nov 2021 13:45


Bagikan ke

siker.id - Lulusan baru atau biasa di sebut juga fresh graduate memang seringkali dipandang sebelah mata. Padahal walaupun para fresh graduate ini belum memiliki pengalaman kerja, namun bukan berarti mereka tidak bisa bekerja. Menjadi seorang fresh graduate bisa jadi menimbulkan rasa kurang percaya diri dan minder ketika akan masuk ke dunia kerja. Hal ini dikarenakan mereka akan bersaing dan bertemu dengan rekan-rekan yang sudah berpengalaman. Padahal, fresh graduate punya keunggulan tersendiri lho!

Baca juga: Apa Manfaat Breafing Pagi Untuk Karyawan ?

Sebenarnya, apa itu fresh graduate? Fresh graduate adalah suatu sebutan untuk lulusan baru dari perguruan tinggi jenjang diploma atau sarjana. Sebutan fresh graduate ini sebetulnya merujuk pada mereka yang periode kelulusannya terhitung kurang dari 6 bulan semenjak mendapatkan ijazah dan wisuda. Ternyata juga memiliki keunggulan tersendiri. Penasaran kan, apa ya kira-kira keunggulan yang dimiliki oleh mereka?

Inilah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh seorang fresh graduate di dalam dunia kerja.

1. Rasa Ingin Tau Yang Tinggi, Suka Bertanya dan Mencatat

Para karyawan fresh graduate juga tak sungkan untuk bertanya apabila ada hal yang tak mereka pahami. Dengan cara tersebut mereka akan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cara yang diinginkan perusahaan. Mereka pastinya sangat giat dalam bekerja dan senang dengan yang dilakukan, karena mereka masih muda dan baru lulus kuliah. Para atasan tentunya akan sangat menghargai para karyawan baru yang patuh dan memiliki rasa ingin tau yang tinggi.

2. Punya semangat belajar yang tinggi

Karena belum punya pengalaman kerja, maka seorang fresh graduate akan punya rasa ingin tahu yang tinggi dan sangat bersemangat mempelajari berbagai hal baru. Saat mulai bekerja, seorang fresh graduate akan banyak bertanya karena pengetahuan dan kemampuannya masih harus diasah di bidang pekerjaan yang digeluti.

Jadi, keinginannya untuk terus berkembang masih sangat besar. Mereka pun lebih semangat mengembangkatan minat dan kemampuannya. Oleh karena itu, seorang fresh graduate bisa terlihat sangat ambisius. Mereka berupaya keras agar bisa sukses dalam menjalankan pekerjaannya.

3. Paham Teknologi Modern dan Media Social

Tentunya para anak muda ini sangat paham akan media social dan teknologi modern saat ini. Hal inilah yang akan bisa dengan mudah diterapkan di perusahaan-perusahaan terkait. Karena melek teknologi, pengaruh para fresh graduate juga penting untuk membantu tugas yang kadang tak diketahui oleh para seniornya. Selain itu, para jiwa-jiwa muda yang masih segar juga paham akan isu yang saat ini sedang trend di social media. Hal ini akan mempermudah perusahaan untuk merancang strategi yang tepat demi kemajuan perusahaan itu sendiri.

Baca juga: Berikut Strategi Jitu Mencari Lowongan Kerja

4. Tidak banyak menuntut pada perusahaan

Saat diterima bekerja untuk pertama kali, para fresh graduate biasanya tidak memiliki tuntutan apa-apa terhadap perusahaan. Mereka sudah cukup puas menerima gaji sesuai UMK atau UMR, dan menerima beberapa tunjangan yang diberikan oleh perusahaan sesuai dengan standar peraturan yang berlaku.

Hal ini mereka lakukan, bukan semata karena mereka sangat membutuhkan pekerjaan itu. Namun juga karena mereka sadar kalau mereka masih baru di dunia kerja, dan belum memiliki pengalaman apa-apa.

5. Produktif dan bisa diandalkan

Dengan berbagai kelebihan yang telah disebutkan di atas, membuat seorang fresh graduate menjadi sosok yang produktif dan bisa diandalkan. Ya, karena seseorang yang baru masuk kerja pastinya berupaya disiplin dalam hal waktu dan memenuhi target-target pekerjaan.

Melihat berbagai keunggulan yang dimiliki oleh para fresh graduates di atas, sepertinya memang tidak salah kalau mereka diberi kesempatan untuk membuktikan kemampuan mereka. Walaupun tanpa pengalaman kerja, para fresh graduates ini ternyata masih mampu berkompetisi

Baca juga: Apa Saja Peraturan dan Syarat Menjadi Karyawan Tetap?

 


Editor: Bagus -

     

Komentar