icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Pantangan Saat Interview Kerja
Siker.id | 15 Jan 2022 13:20


Bagikan ke
pantangan saat interview kerja

siker.id - Interview atau wawancara bisa dibilang momen yang menentukan Anda lanjut ke tahapan berikutnya dan diterima bekerja di suatu perusahaan atau tidak. Maka di sini, Anda secara tak langsung dituntut untuk memberi kesan pertama yang baik lewat pembawaan diri dan jawaban kamu selama proses interview. Pasti Anda ingin supaya interview berjalan dengan lancar dan HRD terkesan. Oleh sebab itu, Anda harus hindari pantangan ini saat interview kerja.

Baca juga: Berikut 5 Alasan Tidak Pernah Dipanggil Interview Kerja

Tidak Melakukan Persiapan

Hal pertama yang tidak boleh Anda lakukan saat sesi wawancara adalah tidak melakukan persiapan. Pasalnya, perekrut akan menilai Anda tidak serius dan kurang bertanggung jawab. Bila saat proses seleksi yang masih harus berkompetisi dengan banyak orang saja sudah tidak serius, apa lagi nanti bila sudah diterima kerja. Jadi, bila Anda akan melakukan seleksi wawancara pastikan semua sudah dipersiapkan dengan baik.

Tidak Datang Tepat Waktu

Saat menjadi kandidat yang akan diwawancarai, Anda sangat dilarang keras untuk datang terlambat tanpa memberikan kabar. Sebab, ini adalah salah satu cara tim perekrut dan perusahaan menilai kedisiplinan Anda. Bukan hanya itu saja, biasanya bukan hanya satu orang saja yang akan diwawancarai. Bila satu orang terlambat, maka hal itu bisa berpotensi merusak jadwal wawancara yang telah dibuat oleh tim perektut. Kecuali, Anda sudah berkabar dengan tim perekrut. Itu pun Anda juga harus mengkomunikasikannya dengan baik dan jelas.

Mengucapkan Kata-Kata yang Kurang Sopan

Kemudian, saat wawancara selalu gunakanlah bahasa atau kata-kata yang sopan dan tidak diskriminatif. Usahakan menggunakan bahasa yang sedikit formal, sebab itu akan membuatmu terlihat lebih profesional. Kemudian, jangan pernah mengeluarkan kata-kata yang kurang sopan saat sedang melakukan wawancara. Meskipun si pewawancara terlihat sangat ramah dan bahkan mengajakmu bercanda. Bercandalah sewajarnya dan tetap menjaga kata-kata yang digunakan.

Baca juga: Berikut Ciri-ciri Undangan Interview Palsu

Menjelek-jelekkan Perusahaan Sebelumnya

Buat Anda yang sebelumnya pernah bekerja di tempat lain, jangan sampai memberi jawaban yang terkesan menjelek-jelekkan atasan atau perusahaan lama tempatmu bekerja. Selain menunjukkan citra buruk terhadap diri sendiri, HRD akan menilai Anda kurang profesional dan berpikir kemungkinan Anda akan melakukan hal yang sama jika suatu saat kurang betah di perusahaan baru.

Tidak Mau Cek Website Perusahaan

Observasi perusahaan dengan menjelajahi website mestinya jadi bagian dari persiapanmu sebelum interview kerja. Mencari tahu tentang perusahaan lewat website bukan suatu pilihan, namun sebuah keharusan. Dari sanalah Anda bisa tahu lebih dalam mengenai perusahaan yang Anda lamar beserta seluk-beluknya. Dengan antisipasi cek website resmi perusahaan, persiapanmu jadi makin matang.

Sekian artikel tentang pantangan saat akan interview kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Cara Follow Up Hasil Interview Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar