icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Cara Follow Up Hasil Interview Kerja
Siker.id | 07 Dec 2021 20:30


Bagikan ke
Setelah melakukan interview dan menunggu hasilnya saatnya Anda melakukan follow up terhadap hasil dari interview kerja. (siker)

siker.id - Beberapa pelamar kerja sudah tak sabar menanti kabar baik setelah wawancara kerja selesai. Sebenarnya, untuk memastikannya, follow up interview kerja bisa dilakukan. Menanyakan kelanjutan wawancara tidak hanya memberi ketenangan dan kejelasan, tetapi juga menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik bekerja di perusahaan atau posisi terkait. Dengan begini, peluang diterima bekerja pun bisa meningkat. Akan tetapi, Anda tidak bisa sembarangan mengirim pesan dan bertanya soal tahap lanjut setelah wawancara. Untuk lebih jelasnya ikuti beberapa tips cara memfollow up interview kerja berikut ini!

Baca juga: Berikut Tips Memperkenalkan Diri Saat Interview

1. Gunakan Kesempatan Bertanya Saat Interview

Di akhir interview, biasanya recruiter memberikan kesempatan pada calon kandidat untuk bertanya sesuatu. Nah pada saat inilah Anda bisa menanyakan kelanjutan dari proses seleksi kerja. Pastikan Anda tau info mengenai tahap selanjutnya beserta waktu pelaksanaan, serta kapan Anda akan dihubungi kembali untuk kelanjutan seleksi.

2. Jangan Menghubungi Lagi Jika Belum Sampai Pada Tanggal yang Disebutkan Perekrut

Sebelum berjalan ke hal teknis dalam penyampaian follow up interview kerja, ada baiknya pastikan dulu Anda telah menunggu hingga tanggal yang telah disebutkan saat interview. Sebagai contoh saat sesi tanya jawab interview Anda sudah dijawab bahwa akan kembali dihubungi tanggal 13. Maka usahakan sebelum tanggal 13, jangan melakukan follow up interview kerja secara langsung kepada mereka. Yang dapat kalian lakukan saat itu adalah memantau informasi umum yang disampaikan melalui platform perusahaan

Baca juga: Berikut Contoh Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview

3. Hubungi Langsung HRD

Setelah menunggu sampai batas waktu dan belum ada kabar, saatnya Anda melakukan follow up terhadap hasil interview. Saat Anda mengirimkan follow-up email, akan lebih baik jika mengirimkannya langsung ke alamat email orang yang melakukan interview dengan Anda. Sebagai catatan, jangan mengirimkannya ke alamat email pribadi, kirimlah ke email bisnis. Biasanya Anda akan menemukannya di profil Linkedin atau website perusahaan tujuan. Namun, jika tidak menemukan alamat email bisnisnya, kirimlah ke email pribadi dengan kalimat yang formal.

4. Gunakan Media Sosial

Pada poin ini, Anda dapat menggunakan ini jika Anda melamar pekerjaan atau mendapatkan undangan untuk melakukan proses lamaran lebih lanjut melalui Linkedin atau WhatsApp. Namun bagaimana kalau tidak? Jika tidak, Anda memungkinkan untuk follow up melalui media sosial linkedin. Tentu saja Anda harus mencari tahu terlebih dahulu Linkedin dari HRD perusahaan tersebut atau jika perusahaan tersebut mempunyai Linkedin, ada baiknya langsung menanyakan di Linkedin perusahaan

5. Kirim Pesan dengan Sopan

Saat mengetik email terkait follow up interview kerja, jangan lupa untuk menjaga agar konten pesannya tetap sopan. Layaknya menulis email formal di dunia kerja, Anda wajib melakukan perkenalan singkat di awal untuk mengingatkan rekruter tentang Anda. Setelah itu, tanyakan maksud dan tujuan dari pengiriman pesan. Jangan lupa tutup email Anda dengan salam penutup.

Sekian artikel tentang cara follow up hasil interview kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Jenis Pertanyaan Ini Jangan Ditanyakan Saat Interview


Editor: Theo Adi -

     

Komentar