Lamaran Pekerjaan Ditolak? Ini Solusinya
Siker.id | 03 Nov 2021 17:15


Bagikan ke

siker.id - Memang tidak mudah mendapatkan pekerjaan sesuai yang kita inginkan. Dengan semakin gencarnya persaingan antara calon pelamar kerja, mau tidak mau Anda harus merasakan bagaimana ditolak lamaran kerja oleh perusahaan. Tidak semua pelamar bisa masuk ke sebuah perusahaan yang dilamar, karena selain surat lamaran juga harus melewati proses wawancara dan ujian lainnya.

Agar Anda tidak berujung kecewa kemuudian depresi ini yang perlu Anda lakukan ketika lamaran kerja Anda ditolak, apalagi Anda sedang menganggur saat ini.

Baca juga: Bagaimana Prosedur Pendaftaran Perjanjian Kerja Bersama?

1. Meminta masukan dan saran

Daripada mendiamkan email penolakan tersebut, kamu bisa berterima kasih pada recruiter dan meminta masukan dari mereka.

Banyak orang yang sungkan untuk melakukan ini, tapi justru ini bisa jadi poin plus kamu di mata recruiter.

Dari sini, kamu akan tahu apa yang menjadi kekurangan kamu hingga tidak lolos proses rekrutmen mereka.

Dari sekian banyak tahapan rekrutmen yang kamu ikuti, kamu akan tahu di bagian mana yang gagal dan tak sesuai dengak ekspektasi perusahaan.

2. Evaluasi

Ya, tentu saja evaluasi sangat diperlukan ketika Anda sudah ditolak lamaran pekerjaannya. Meskipun para ahli tidak menyarankan untuk menanyakan pada diri sendiri kenapa bisa sampai ditolak namun beberapa ahli yang lain menyarankan ini penting dilakukan untuk tahu dimana letak kesalahan Anda. Coba tanyakan pada pihak HRD melalui email, alasan mengapa Anda ditolak. Kemudian lakukan evaluasi diri dari cara menulis CV, menulis riwayat pendidikan dengan tepat, menulis surat lamaran, penampilan ketika wawancara dan menggagali pengetahuan untuk wawancara.

3. Fokuskan Diri Kembali

Ketika lamaran kerja ditolak jangan larut pada kekecewaan. Segera fokuskan diri untuk bangkit dan mencoba kesempatan yang lain. Fokuskan pula pada hal yang membuat hati Anda bahagia. Pikirkan apakah perusahaan tersebut benar-benar cocok untuk Anda atau tidak serta kenali potensi diri untuk mencari pekerjaan yang tepat.

Baca juga: Begini Tantangan Fresh Graduate Tahun 2021

4. Meningkatkan Kemampuan dan Mengembangkan Diri

Jika kamu sudah tahu apa saja kekurangan dan kelebihanmu, buatlah rencana untuk meningkatkan kemampuan dirimu.

Lihat apa saja kemampuan yang dibutuhkan dari industri kerja yang mau kamu lamar selanjutnya.

Menyesuaikan kemampuan diri dengan kebutuhan industri membuat kamu berisiko kecil untuk ditolak kerja oleh perusahaan selanjutnya.

Kamu bisa membuat daftar apa saja yang ingin kamu pelajari untuk memperbaiki kekuranganmu. Cari platform dan tempat belajar yang sesuai dengan kebutuhanmu saat ini.

5. Jangan Patah Semangat

Interview dan segala tes rekrutmen bisa kamu asah dengan cara terus berlatih, kok. Jangan sampai lamaran kerja yang ditolak membuat kamu tidak produktif.

Selain itu, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan lamaran kerja kamu ditolak perusahaan.

Bisa jadi, perusahaan punya kesulitan dan alasannya sendiri sehingga tidak bisa menerimamu.

Baca juga: Gagal Dapat Pekerjaan? Lakukan Cara Ini

Sekian Artikel Lamaran Pekerjaan Ditolak? Ini Solusinya. Bila menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke semua orang.Bila ada kritik dan saran bisa anda tulis pada kolom komentar

Terima kasih

 


Editor: Bagus -

0     0    

Komentar