Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 8 Cara Melamar Kerja Yang Efektif
Siker.id | 03 Dec 2021 08:15


Bagikan ke
Melamar kerja yang efektif memungkinkan Anda akan mendapatkan pekerjaan impian.(siker)

siker.id - Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, tetapi kalau Anda tahu cara melamar yang tepat bukan hal yang sulit mengingat akses informasi saat ini begitu mudah dijangkau. Persaingan dalam dunia kerja saat ini sangat tinggi, tetapi kalau Anda memiliki keahlian dan kompetensi yang dibutuhkan saat ini, percayalah Anda akan tetap bisa berpeluang mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Lalu bagaimana caranya agar Anda bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan yang diimpikan?

Baca juga: Berikut Ini Tips Melamar Kerja Walau IPK Rendah

1. Pilih Bidang yang Sama

Jika Anda melamar pekerjaan pada bidang yang sama dengan posisi Anda saat ini, maka HRD akan melihat sebagai nilai plus. Anda bisa memakai pengalaman kerja yang ada saat ini atau sebelumnya, untuk meningkatkan posisi tawar. Dengan begitu, perekrut bisa yakin, Anda kandidat yang menekuni bidang yang dilamar, dan memang memiliki kualifikasi pada bidang tersebut. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja bisa membuat blog, dan tulisan untuk dijadikan sebagai portofolio.

2. Gunakan Istilah Khusus di Bidangmu

Pakai istilah-istilah teknis yang biasa digunakan dalam bidang Anda. Misalnya Jika Anda mengincar posisi pada divisi digital marketing pastikan menjabarkan campaign yang pernah Anda implementasikan di pekerjaan terdahulu, pada setiap channel media sosial. Dengan begitu, perekrut bisa yakin bahwa Anda memang layak mendapatkan posisi di perusahaan yang dilamar.

3. Bekali Diri dengan Skill Kekinian

Tahukah Anda apa skill kekinian yang perlu Anda asah dan kuasai? Ya, salah satunya penguasaan teknologi dan dunia digital marketing. Kemampuan seperti desain grafis, edit foto dan video, menulis, media sosial, digital marketing, ngeblog dan sebagainya merupakan skill yang dibutuhkan saat ini. Saat Anda memiliki skill tambahan di atas, percayalah semua itu akan jadi nilai plus buat Anda.

4. CV Lengkap dan Menarik

Bagaimana cara membuat CV pekerjaan yang bagus? Sajikan secara lengkap, detail, jujur dan penyajian teknis yang menarik. Pengalaman mungkin akan jadi poin plus, tetapi bagi pencari kerja freelance pun tetap mungkin lolos di sini jika punya keahlian. Cantumkan portofolio, bukti sertifikat jika dibutuhkan. Jangan mencantumkan hal-hal tidak penting yang tidak ada hubungannya dengan bidang pekerjaan yang kamu ajukan.

Baca juga: Berikut tips Membangun Komunikasi Dengan Rekan Kerja

5. Pasang Foto Profesional

Jika Anda menyertakan foto dalam cv pastikan foto Anda lebih nampak profesional. Hindari menggunakan efek demi membuat wajah lebih cantik, atau lebih tampan di foto. Ingatlah untuk mengenakan pakaian formal, seperti blazer saat membuat pasfoto. Ini menjadi akan nilai plus di mata HRD.

6. Perhatikan Cover Letter dengan Baik

Cover letter berfungsi mencerminkan diri dan bagaimana kemampuan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk dapat membuat cover letter yang mampu membuat HRD terkesan. Selain perkenalan singkat mengenai diri, Anda juga perlu menyertakan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang ingin Anda lamar.

7. Membangun Branding dari Sosial Media

Tahukah Anda bahwa saat ini perusahaan dalam mempertimbangkan nama karyawan yang akan diterima dilakukan dengan cara mengecek langsung sosial media yang dimiliki. Cara lain dengan memasukkan nama Anda di mesin pencari untuk melihat jejak digital, siap Anda dan apakah memiliki image yang baik atau tidak.

8. Melamar Kerja Atas Rekomendasi

Melamar pekerjaan atas rekomendasi tokoh, orang terkenal, atau pejabat bukan berarti menjadi cara bagi Anda masuk kerja karena orang dalam. Rekomendasi ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa Anda memang memiliki potensi dan kompetensi yang layak untuk dipertimbangkan perusahaan terkait.

Sekian artikel tentang beberapa cara melamar kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 7 Tips Berpakaian Saat Akan Interview Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar