Berikut 5 Alasan Tidak Pernah Dipanggil Interview Kerja
Siker.id | 29 Dec 2021 15:15


Bagikan ke
Alasan Anda tidak pernah dipanggil interview kerja. (siker)

siker.id - Proses pencarian kerja terbilang susah susah gampang. Banyak tahapan yang harus dilalui para jobseeker sebelum benar-benar mendapat kerja. Misalnya tahap interview. Tentu tak semua pelamar dapat kesempatan untuk melakukan wawancara. Banyak faktor yang berpengaruh dalam hal ini, dua di antaranya adalah CV dan resume. Bisa dikatakan, dua instrumen itu merupakan pintu yang menghubungkan Anda dengan rekruter. Untuk memperbesar peluang, Anda harus menyusun keduanya dengan matang. Selain itu, ada hal lain juga yang bisa menjadi alasan seseorang tak mendapat panggilan wawancara setelah mengirimkan CV dan resume. Berikut ulasannya!

Baca juga: Berikut Ciri-ciri Undangan Interview Palsu

1. Banyak Kesalahan Penulisan

Menulis atau mengetik surat lamaran kerja harus teliti. Penulisannya harus baik dan benar. Jangan sampai terjadi salah kalimat atau kata, maupun kurang huruf. Typo akan mengurangi poin Anda. HRD bakal malas membaca surat lamaran kerjamu. Pikiran mereka, menulis saja masih salah, apalagi bekerja.

2. Kedapatan Berbohong

Kalau ini sudah jelas kesalahan fatal. Asal Anda tahu, HRD punya segala cara untuk mengetahui informasi calon pelamar, apalagi sudah masuk salah satu kandidat. Mereka pasti akan mencari tahu lewat media sosialmu, menghubungi perusahaan tempat Anda pernah bekerja. Sudah pasti sesama HRD atau pimpinan perusahaan saling mengenal satu sama lain. Jika ketahuan berbohong, habislah. Namamu kemungkinan besar akan di-blacklist sehingga tidak dapat melamar disana.

3. Sering Pindah Kerja Dalam Waktu Singkat

Melihat pengalaman kerjamu banyak, pasti HRD bakal terkesan. Tetapi, begitu dibaca lebih teliti, ternyata masa kerjamu cuma seumur jagung di banyak perusahaan. Misal di perusahaan A hanya 3 bulan dari Januari-Maret, April-Desember di perusahaan B. Kemudian, di perusahaan C bertahan 5 bulan, dan seterusnya. Tentu saja poin tersebut akan menjadi pertimbangan HRD. Loyalitasmu dipertanyakan.

Baca juga: Berikut Cara Follow Up Hasil Interview Kerja

4. Menggunakan Satu CV untuk Semua Posisi

Saat hendak melamar pekerjaan, Anda sebaiknya mengetahui detail job description posisi yang akan dilamar. Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan pelamar ialah menggunakan satu CV atau resume untuk semua posisi tanpa menyesaikan kontennya dengan posisi yang dilamar. Padahal, rekruter hanya memiliki waktu 6 sampai 7 detik untuk menyeleksi berkas lamaran. Karenanya penting untuk menciptakan impresi yang baik agar menarik perhatian mereka.

5. Tak Cukup Menarik di Mata Rekruter

Pernahkah Anda memosisikan diri sebagai seorang rekruter? Kira-kira kandidat seperti apa yang Anda butuhkan? Tentu Anda tertarik pada kandidat yang punya pengalaman dan kemampuan yang relevan dengan posisi yang sedang dibutuhkan. Prestasi dan pencapaian yang sesuai tentu akan menjadi nilai tambah. Oleh karena itu, upayakan untuk terus upgrade diri agar Anda menjadi kandidat yang unggul. Bila Anda tidak mengupgrade diri sudah pasti rekruter tidak akan melirik Anda dengan minimnya ilmu dan pengalaman yang ada.

Sekian artikel tentang alasan tidak kunjung dipanggil interview kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Memperkenalkan Diri Saat Interview


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar