icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ketahui 6 Konsekuensi Bekerja di Perusahaan Besar
Siker.id | 08 Sep 2023 10:00


Bagikan ke
Ilustrasi bekerja (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Bekerja di perusahaan besar umumnya dianggap sebagai suatu pencapaian besar dalam karier seseorang. Meskipun memiliki berbagai benefit, seperti halnya segala hal dalam hidup, memiliki pekerjaan di perusahaan besar juga memiliki sejumlah kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa kekurangan bekerja di perusahaan besar

Baca juga: 6 Risiko Bekerja di Perusahaan Kecil yang Harus Diketahui

1. Birokrasi yang Rumit

Salah satu kekurangan utama dalam bekerja di perusahaan besar adalah tingkat birokrasi yang tinggi. Struktur organisasi yang kompleks seringkali membuat proses pengambilan keputusan menjadi lambat dan rumit. Hal tersebut bisa menghambat inovasi dan produktivitas, karena ide-ide baru harus melewati berbagai lapisan persetujuan.

2. Kurangnya Keterlibatan

Di perusahaan besar, beberapa karyawan akan merasa kurangnya keterlibatan diri mereka dalam hal pekerjaan. Hal tersebut dapat menyebabkan perasaan bahwa kontribusi mereka tidak dihargai. Hubungan antara atasan dan bawahan juga bisa menjadi lebih formal dan kurang akrab.

3. Kurangnya Fleksibilitas

Perusahaan besar cenderung memiliki kebijakan dan prosedur yang ketat. Hal tersebut dapat menghambat fleksibilitas kerja, seperti bekerja dari jarak jauh atau mengatur jadwal kerja yang lebih fleksibel. Karyawan mungkin merasa terikat pada rutinitas yang kaku.

Baca juga: 7 Kelebihan Bekerja di Perusahaan Kecil yang Harus Diketahui

4. Persaingan yang Ketat

Karena perusahaan besar seringkali menarik bakat-bakat terbaik, persaingan internal bisa sangat ketat. Hal tersebut bisa menciptakan tekanan yang tinggi untuk tampil lebih baik daripada rekan-rekan sekerja. Tingkat persaingan yang tinggi ini dapat menyebabkan stres dan beban kerja yang berlebihan.

5. Kurangnya Work Life Balance

Beban kerja yang tinggi dan ekspektasi untuk selalu "on call" dalam perusahaan besar dapat mengganggu keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan. Karyawan mungkin akan merasa sulit untuk memisahkan pekerjaan dari kehidupan pribadi mereka, yang dapat berdampak negatif pada kesejahteraan mereka.

6. Risiko PHK

Perusahaan besar cenderung lebih rentan terhadap PHK massal jika terjadi perubahan ekonomi atau strategi bisnis. Hal tersebut berarti karyawan mungkin memiliki tingkat keamanan pekerjaan yang lebih rendah daripada di perusahaan kecil atau startup yang lebih kecil.

Itu dia 6 kekurangan bekerja di Perusahaan startup. Bekerja di perusahaan besar memiliki sejumlah kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Meskipun ada banyak manfaat dalam berkarier di perusahaan besar, seperti gaji yang tinggi dan peluang untuk berkembang, penting untuk mempertimbangkan dampak kekurangannya yang ada pada kesejahteraan pribadi. Keputusan untuk bekerja di perusahaan besar atau tidak, pada akhirnya, harus disesuaikan dengan nilai dan tujuan pribadi yang kamu miliki dalam hal karier. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Ini 5 Contoh Self Reward yang Bisa Dilakukan Setelah Kerja


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar