4 Cara Meningkatkan Kemampuan Inisiatifmu!
Siker.id | 22 Sep 2022 16:43


Bagikan ke
Cara meningkatkan kemampuan inisiatif (siker)

siker.id – Bila kamu saat ini menjadi seorang pekerja, memiliki kemampuan untuk inisiatif adalah hal yang wajib kamu kuasai dan terapkan, ya. Mengapa? Pasalnya, dunia kerja adalah dunia yang dinamis dan sarat akan hal-hal baru yang mungkin belum kamu tahu. Nah, dengan memiliki kemampuan inisiatif, tentu tidak hanya lingkungan kerjamu saja yang dapat mendapatkan manfaatnya, namun kamu sendiri akan memperoleh manfaatnya. Kemampuan inisiatif akan menunjukkan kamu sebagai pribadi yang aktif dan berkomitmen kuat untuk menjalankan sesuatu. Selain itu, sifat inisiatif ini menjadi salah satu karakteristik seorang pemimpin.

Nah, ketika kamu memiliki kemampuan ini, artinya kamu sudah satu langkah lebih maju untuk menjadi seorang pemimpin. Untuk itu, penting bagi kamu memiliki kemampuan inisiatif ini. Lalu, bagaimana cara meningkatkan kemampuan inisiatif ini? Berikut penjelasannya, sobat siker!

Baca Juga: Begini 3 Tips Meningkatkan Kemampuan Analisis

Bangun Kepercayaan Diri

Cara pertama untuk meningkatkan kemampuan inisiatif adalah dengan membangun kepercayaan diri. Saat menunjukkan ide dalam tim, terkadang ada rekan kerja yang tidak setuju dengan hal tersebut.

Maka dari itu, penting untuk meningkatkan rasa percaya diri terhadap idemu agar rasa inisiatif kian tumbuh untuk mewujudkannya.

Minta Feedback dan Kritik Membangun

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk melatih kemampuan inisiatif yaitu dengan meminta feedback kepada manajer maupun rekan kerja. Kritik yang membangun akan membantu kamu mengetahui bagaimana mengambil inisiatif yang baik dalam pekerjaan.

Baca Juga: 4 Kemampuan Yang Harus Dimiliki Staff Finance

Selalu Bersikap Positif

Cara selanjutnya adalah bersikap postifif. Masalah atau konflik dalam dunia kerja cenderung membuat otak tak karuan sehingga tidak sedikit atasan dan karyawan mengambil langkah yang salah.

Oleh karena itu, kamu harus selalu berpikir positif meski sedang dilanda masalah yang hebat. Sikap positif dapat membantu kamu memikirkan solusi terbaik dan berinisiatif untuk menerapkannya.

Aktif Berpendapat

Cara selanjutnya adalah dengan aktif dalam berpendapat. Bila kamu merupakan karyawan yang percaya diri, positif, dan sadar dengan sekitar, kamu akan memiliki pendapat juga opini tentang lingkungan kerjamu.

Salah satu elemen kunci untuk mengembangkan kemampuan inisiatif dalam pekerjaan terlibat dalam diskusi, beraprtisipasi, dan memberi opini tentang bagaimana lingkungan kerja ataupun pekerjaan kamu bisa ditingkatkan.

Nah, itu tadi 4 Cara Meningkatkan Kemampuan Inisiatif yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Langkah Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
Pencarian