Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Kemampuan Wajib bagi Chief Operating Officer!
Siker.id | 05 Oct 2022 17:20


Bagikan ke
Kemampuan wajib bagi chief operating officer (siker)

siker.id – Selain CEO yang menangani perusahaan, terdapat peran seorang chief operating officer atau biasa disingkat COO. Siapa itu COO? COO merupakan eksekutif senior yang bertugas mengawasi fungsi administrasi dan operasional sehari-hari dari sebuah bisnis perusahaan. COO akan melapor langsung CEO sebagai jabatan tertinggi dalam bisnis perusahaan.

Untuk itulah maka posisi COO berada pada jabatan tertinggi kedua dalam perusahaan di bawah seorang CEO. Nah, menjadi COO tentu dibutuhkan kemampuan yang memadai. Lantas, apa saja jenis kemampuan wajib bagi COO? Berikut penjelasannya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Cara Jitu Menjadi CEO Muda!

Kepemimpinan

Pertama, seorang COO harus memiliki kepemimpinan yang baik. Sebagai bagian dari pimpinan perusahaan, sudah barang tentu seorang COO harus memiliki jiwa kepemimpinan.

Tetapi, seorang COO harus bisa menyeimbangkan ego kepemimpinannya. Bagaimanapun juga, ia bertanggung jawab kepada CEO, pimpinan tertinggi perusahaan. Selain itu, ia juga harus bisa memutuskan kebijakan yang harus dieksekusi oleh seluruh jajaran perusahaan sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Baca Juga: Begini 3 Tugas Seorang Chief Financial Officer!

Pemikiran Strategis

Kedua, seorang COO harus memiliki kemampuan strategic thinking atau pemikiran strategis. Maksudnya, seorang COO harus dapat menentukan strategi perusahaan ke depan berdasarkan kondisi perusahaan dan bisnis secara umum.

Bahkan, seorang COO juga dituntut untuk dapat menentukan kebijakan dengan segera ketika terjadi permasalahan teknis tertentu. Namun, keputusan yang diambil tetap harus sejalan dengan visi perusahaan.

Manajemen Orang

Kemampuan berikutnya yang wajib dimilikki COO adalah people management. Pasalnya, salah satu tugas dari seorang COO adalah mengembangkan SDM karyawan.

Untuk itu, seorang COO bertanggung jawab untuk memastikan kinerja perusahaan berjalan sesuai dengan strategi ke depan. Maka dari itu, seorang COO perlu memiliki kemampuan people management.

Nah, itu tadi 3 Kemampuan Wajib bagi Chief Operating Officer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Tips Produktif Kerja ala CEO Perusahaan Besar


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar