icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Begini 3 Tips Meningkatkan Kemampuan Analisis
Siker.id | 21 Sep 2022 15:11


Bagikan ke
Tips Meningkatkan Kemampuan Analisis (siker)

siker.id – Kemampuan menganalisis suatu sangat penting dibutuhkan oleh siapa saja. Apalagi bila kamu bekerja membutuhkan kecermatan dan kematangan dalam memutuskan sesuatu. Kamu perlu memiliki kemampuan analisis. Apa itu kemampuan analisis?

Dikutip dari The Balance Careers, kemampuan analisis merupakan sebuah keterampilan dalam mengumpulkan dan menganalisis sebuah informasi, menyelesaikan sebuah masalah, dan juga mengambil keputusan.

Nah, lalu bagaimana meningkatkan kemampuan analisismu agar semakin terasah? Begini jawabannya!

Baca Juga: 4 Langkah Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis!

Aktif Bertanya

Cara ini bisa kamu lakukan dan tergolong mudah. Bila kamu masih malu-malu untuk bertanya, maka kamu akan melewatkan berbagai macam hal dan kesempatan. Dilansir dari The Ladders, banyak bertanya ketika ada topik baru yang tidak dikuasai dapat membantu kamu dalam meningkatkan kemampuan analisis. Pasalnya, rangkaian jawaban yang diterima membuat otak kamu tetap aktif berpikir dan mempertanyakan banyak hal secara kritis.

Bermain Gim

Tips selanjutnya untuk meningkatkan kemampuan analisis adalah dengan bermain gim asah otak. Daripada kamu melakukan scrolling media sosial berjam-jam, lebih baik bermain gim yang dapat meningkatkan berbagai macam skill, kan?

Beberapa contoh gim yang bisa dimainkan adalah sudoku, catur, dan lain sebagainya. Gim tersebut dapat memberikan tantangan yang membuat otak tetap aktif.

Baca Juga: 4 Kemampuan Yang Harus Dimiliki Staff Finance

Journaling

Tips yang tak kalah penting adalah journalling. Ya, ternyata journaling juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis, lho. Di dalam jurnal, kamu bisa menuliskan kegiatan apa yang dilakukan sehari-hari, apa saja yang bisa diperbaiki, dan lain-lain.

Dengan membiasakan diri untuk journaling, kamu dapat melihat kinerja secara lebih objektif, mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki, dan mencari cara untuk memperbaikinya.

Nah, itu tadi 3 Tips Meningkatkan Kemampuan Analisis yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Kemampuan yang Wajib Dimiliki Developer


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar