Kenali 5 Tugas Seorang Telemarketer Ini!
Siker.id | 14 Sep 2022 15:05


Bagikan ke
Tugas seorang telemarketer (siker)

siker.id – Di dalam dunia pemasaran, terdapat beberapa pekerjaan yang berkaitan bagaimana bisnis memasarkan produk kepada calon konsumen atau pelanggan. Salah satu contoh pekerjaannya adalah telemarketing. Apa itu telemarketing?

Dikutip dari SkillAcademy, telemarketing merupakan salah satu teknik pemasaran yang pada aktivitasnya memberikan informasi dan menawarkan produk melalui telepon kepada konsumen. Sedangkan telemarketer adalah orang yang melakukan telemarketing untuk mendapatkan konsumen.

Telemarketing umumnya hampir terdapat di semua jenis industri, mulai dari telekomunikasi, jasa, hingga perbankan. Hal yang ditawarkan pun juga bermacam-macam mulai dari, produk dan jasa, hingga layanan asuransi.

Seseorang yang bertugas untuk menjalankan telemarketing ini biasanya disebut dengan telemarketer. Nah, kira-kira apa saja tugas dari seorang telemarketer ini? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 4 Strategi Market Penetration yang Sering Digunakan

Menjelaskan Produk

Tugas pertama dari seorang telemarketer adalah bagaimana untuk menjelaskan produk kepada calon konsumen. Sebagai seorang telemarketer, kamu tidak hanya sekedar menawarkan produk. Kamu juga harus dapat menjelaskan tentang produk atau jasa dengan baik.

Penjelasan tersebut harus jelas, detail, dan tentunya harus menarik. Adapun untuk dapat melakukan hal ini, kamu tentunya harus memiliki pemahaman yang baik terhadap produk yang akan ditawarkan kepada calon pelanggan.

Menjawab Pertanyaan & Panggilan Pelanggan

Tugas selanjutnya adalah mampu menjawab pertanyaan dan panggilan pelanggan. Saat pelanggan tertarik dengan pembicaraan yang kamu lakukan, biasanya mereka akan menanyakan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

Hal ini bisa berupa harga, kelebihan, manfaat, dan juga jenis lain. Sehingga pada saat menjawab pertanyaan tersebut coba fokus pada pertanyaan yang ditanyakan agar kamu bisa menjawab dengan tepat.

Baca Juga: Patut Dicoba! 5 Psikologi Marketing untuk Bisnismu!

Follow Up Pelanggan

Tugas selanjutnya adalah bagaimana melakukan follow up kepada pelanggan. Dalam dunia telemarketing, follow up menjadi sebuah keharusan yang dilakukan. Tanyakan lagi kepada pelanggan terkait keinginannya untuk membeli produk atau jasa. Sebab tidak semua pelanggan akan langsung memutuskan pembelian pada panggilan pertama.

Menerima Komplain dari Pelanggan

Tugas selanjutnya dari seorang telemarketer ini adalah menerima komplain dari pelanggan. Saat para pelangganmu merasa kecewa atau produk atau jasa dari perusahaanmu, maka orang pertama yang harus siap menghadapi komplain adalah seorang telemarketing.

Dalam hal ini, usahakanlah agar kamu bisa menyelesaikan masalah ini mulai dari menyatakan permohonan maaf, membayar kompensasi atau ganti rugi, serta solusi lainnya agar permasalahan yang dialami calon pelanggan tidak sampai menjalar pada atasanmu.

Melakukan Survei Pelanggan

Tugas yang tak kalah pentng ialah melakukan survei pelanggan. Survei ini penting dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang pelanggan potensial. Dengan info tersebut kamu nantinya bisa menghubungi kembali mereka yang dirasa potensial untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Selain itu, survei ini dapat meningkatkan layanan berdasarkan umpan balik yang diterima langsung dari pelanggan yang pernah dihubungi.

Nah, itu tadi 5 Tugas Seorang Telemarketer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Proses Penerapan Integrated Marketing Communication


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar