5 Tips Menuliskan Deskripsi Diri pada CV
Siker.id | 25 Jun 2022 12:00


Bagikan ke
Perlunya tips cara menulis deskripsi diri yang tepat (siker)

siker.id - Deskripsi diri yang terdapat dalam CV adalah ringkasan profil yang biasanya ditulis hanya dalam beberapa kalimat dengan singkat untuk menggambarkan pendidikan, keterampilan, pengalaman, atau tujuan karier seseorang. Meski terkesan sederhana, namun ternyata menyusun deskripsi diri ini tidaklah semudah yang dibayangkan. Tidak hanya harus membuatnya secara singkat pula, kamu juga harus membuatnya dapat menarik di mata perekrut. Lalu apakah ada tipsnya dalam menyusun deskripsi diri ini? Berikut tipsnya!

Baca juga: 3 Tips Membuat Resume Menarik HRD Perusahaan

Buatlah secara ringkas

Ingatlah bahwa perekrut tidak selalu memiliki banyak waktu ketika menyaring banyaknya CV kandidat yang melamar. Itu sebabnya kamu perlu membuat deskripsi diri secara singkat yang membantu perekrut mendapat cukup gambaran tentang profil kamu sebagai kandidat sebelum melihat dengan detail informasi lainnya di dalam CV tersebut. Kamu dapat membuat deskripsi singkat yang terdiri dua atau tiga frasa dalam format poin atau menulis paragraf singkat sebagai deskripsi diri.

Jangan ragu berikan sentuhan pribadi

Hindari menggunakan banyak kata atau istilah yang terlalu umum. Sebab, ini justru membuat deskripsi diri kamu terlihat biasa saja. Cobalah untuk membuat deskripsi diri yang memiliki sentuhan pribadi agar menunjukan keunikan diri kamu sebagai seorang kandidat.

Gunakan angka

Pertimbangkan untuk memasukkan angka sebagai salah satu bukti data terukur dari pencapaianmu ke dalam bagian deskripsi diri. Gunakan persentase atau angka yang memberi perekrut gambaran tentang seberapa baik kamu dalam melakukan pekerjaan sebelumnya.

Baca juga: Tips Jitu Menulis Resume untuk Mahasiswa

Identifikasi diri secara profesional

Pertimbangkan bagaimana kamu memperkenalkan diri sebagai seorang profesional dalam bagian deskripsi diri tersebut. Kamu dapat menggunakan jabatan saat ini di dalam deskripsi diri atau menggunakan kata-kata deskriptif lainnya yang menggambarkan pengalaman kerjamu.

Gunakan kata kunci yang berhubungan

Hal lain yang juga tidak boleh kamu sepelekan saat membuat deskripsi diri adalah menggunakan kata kunci yang relevan untuk menggambarkan dirimu sebagai kandidat yang potensial untuk posisi tersebut.

Sekian artikel tentang tips menuliskan deskripsi diri pada kolom cv. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Perbedaan CV dan Resume?


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar