Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Tips Menulis Body Email Untuk Lamaran Kerja
Siker.id | 28 Dec 2021 20:00


Bagikan ke
Tips menulis body email untuk melamar kerja. (siker)

siker.id - Saat ini, mengirim lamaran kerja sudah semakin mudah karena bisa melalui email tanpa harus datang langsung ke kantor. Sebelum meninjau resume dan surat lamaran, perekrut biasanya akan membaca body email terlebih dahulu. Untuk itu, Anda tidak boleh membiarkan body email dalam keadaan kosong atau mengisi secara asal-asalan karena akan membuat perekrut meragukan keseriusanmu. Ada beberapa etika yang perlu diperhatikan dalam menulis body email untuk melamar kerja. Berikut ini tips menulis body email untuk lamaran kerja.

Baca juga: Berikut Cara Kirim Lamaran via Email yang Benar

1. Subject Email Jelas

Mungkin masih ada yang menganggap remeh pentingnya subject email yang dikirim. Nyatanya, subject email sangat penting dan butuh strategi agar email kamu dilirik recruiter. Dikarenakan banyaknya email yang masuk, Anda harus menulis subject yang relevan terhadap pekerjaan yang Anda lamar. Anda bisa menulisnya dengan format “nama-posisi pekerjaan yang dilamar”

2. Alamat Email Profesional

Alamat email Anda masih tidak profesional? Ganti nama email Anda dengan nama lengkapmu yang asli. Alamat email punya pengaruh besar dalam melamar kerja. HRD tidak akan melirik emailmu jika kamu memiliki alamat email yang tidak profesional.

3. Jelaskan Tujuan Menulis Email

Berikan penjelasan mengapa Anda menulis email itu. Pastikan Anda menyebutkan posisi pekerjaan yang dilamar. Anda juga bisa menyebutkan di mana melihat lowongan pekerjaan dan mengapa Anda tertarik untuk melamar. Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menarik minat manajer perekrutan. Jadi, cobalah tampil profesional dan menarik.

Baca juga: Tips Melamar Pekerjaan Via Email, Langsung Dilirik HRD!

4. Berikan Salam Resmi

Email untuk lamaran pekerjaan sepatutnya profesional, jadi jangan bersikap santai. Jika Anda menulis email dengan cara yang santai, itu akan terlihat seperti amatir dan tidak sopan. Awali email dengan salam yang formal karena ini akan menyampaikan rasa profesionalisme dan hormat kepada manajer perekrutan. Cari tahu siapa yang akan menerima email kamu, dan alamatkan email kepada mereka. Cara paling aman untuk mengawali body email adalah dengan menggunakan 'Yang Terhormat Bapak/Ibu (nama yang bersangkutan)'. Salam seperti ini sangat formal dan disukai oleh perekrut.

5. Ucapkan Terima Kasih

Paragraf terakhir merupakan tempat untuk mengapresiasi perekrut karena telah membaca dan mempertimbangkan lamaranmu. Jadi, ucapkan terima kasih kepada perekrut atas waktunya di paragraf terakhir. Anda juga bisa menggunakan bagian ini untuk menyebutkan bahwa Anda sudah melampirkan resume, surat lamaran, dan berkas lainnya yang dibutuhkan. Katakan sesuatu seperti, 'Saya menunggu kabar dari Anda untuk mendiskusikan peluang ini secara lebih rinci’.

Sekian artikel tentang tips menulis body email untuk melamar kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar


Editor: Theo Adi -

     

Komentar