3 Tips Membuat Resume Menarik HRD Perusahaan
Siker.id | 18 May 2022 16:00


Bagikan ke
membuat resume yang menarik (siker)

siker.id - Meskipun bila dilihat sekilas mirip dengan CV, ternyata antara CV dan resume memiliki perbedaan yang mencolok. CV berisikan detail informasi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan resume. Artinya informasi yang termuat di dalam CV sedikit lebih banyak dibandingkan pada resume. Lalu apa sebenarnya resume itu? Resume lamaran kerja adalah sebuah ringkasan atau rangkuman informasi yang dimiliki oleh seseorang mengenai dirinya sendiri. Informasi yang dimaksud yaitu mencangkup data pribadi (nama, tanggal lahir, dan sebagainya), latar pendidikan, pengalaman, pencapaian, dan juga kemampuan yang dimilikinya. Lalu bagaimana caranya agar resume Anda dilirik oleh HRD perusahaan? Berikut tipsnya!

Baca juga: Tips Jitu Menulis Resume untuk Mahasiswa

Sederhana dan Mudah Dipahami

Poin penting pertama yaitu resume yang Anda buat harus menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah untuk dipahami oleh HRD. Bayangkan jika Anda membuat resume dengan gaya bahasa yang rumit dan bertele-tele. Pastinya hal ini akan membuat HRD kebingungan dan otomatis resume Anda tidak akan dipilih untuk proses rekrutmen selanjutnya

Relevan dengan Pekerjaan yang Dilamar

Pastikan informasi yang tersemat di dalam resume Anda, relevan dan sesuai dengan pekerjaan yang akan Anda lamar. Seringkali orang memberikan informasi yang tidak relevan atau sesuai dengan pekerjaan yang mereka lamar. Hal ini tentunya akan mengurangi kesempatan Anda untuk dipanggil oleh perusahaan untuk mengikuti proses rekrutmen selanjutnya.

Baca juga: Apa Perbedaan CV dan Resume?

Buatlah Secara Singkat, Namun Menarik

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan dalam membuat sebuah resume lamaran kerja yaitu pastikan resume yang Anda buat singkat, padat, dan juga menarik. HRD tidak akan suka melihat resume yang menyajikan informasi tidak penting. Karena kebanyakan HRD akan membaca atau mengulas resume seseorang secara cepat atau cepat. Jadi pastikan resume yang Anda buat singkat dan langsung pada informasi inti yang penting.

Sekian artikel tentang tips membuat resume menarik HRD. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Menulis Kalimat Penutup dalam Surat Lamaran


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar