Tips Jitu Menulis Resume untuk Mahasiswa
Siker.id | 25 Feb 2022 12:30


Bagikan ke
menulis resume untuk mahasiswa. (siker)

siker.id - Pendidikan adalah faktor penting dalam mencapai karier yang baik dan persaingan untuk masuk ke universitas yang baik sangatlah sulit. Untuk memperoleh keuntungan lebih dibandingkan murid-murid SMA lainnya, melampirkan resume dengan surat lamaran dengan memberikan petugas penerimaan mahasiswa baru ringkasan lengkap tentang siapa diri Anda dan prestasi apa yang pernah Anda capai merupakan ide yang baik. Ikutilah petunjuk berikut ini untuk membantu agar resume Anda terlihat berbeda dari yang lain.

Berikut ini beberapa tips jitu menulis resume yang tepat:

Baca juga: Apa Perbedaan CV dan Resume?

Tentukan tujuan

Membedakan diri Anda. Petugas penerimaan mahasiswa menyaring ribuan aplikasi. Resume yang ditulis dengan baik akan membuat Anda berbeda dibandingkan dengan murid lain yang tidak melampirkan resume. Gunakan waktu untuk memastikan bahwa resume Anda ditulis sebaik mungkin.

Mempromosikan diri Anda

Sebuah resume mengizinkan Anda untuk menyoroti semua hal yang dapat membuat Anda menjadi kandidat mahasiswa baru yang ideal. Resume lebih mudah untuk dimengerti dibandingkan dengan esai, dan memberi petugas penerimaan sebuah ringkasan singkat tentang siapa diri Anda.

Sebagian besar dari formulir pendaftaran memiliki ruang yang kurang untuk memasukkan semua detail dari prestasi dan aktivitas Anda. Sebuah resume akan membantu untuk mengisi kekurangan tersebut.

Membuka kesempatan baru

Resume yang ditulis dengan baik dapat mengarah pada beasiswa dan kesempatan magang. Hal ini dapat membuat Anda lebih mudah untuk mendapatkan program studi ke luar negeri. Menulis resume kuliah juga memberikan Anda pengalaman ketika akan menulis resume untuk dunia kerja.

Baca juga: 4 Pekerjaan Sampingan yang Dicari Mahasiswa

Buatlah format

Awali dengan nama Anda. Nama, alamat, email, nomor telepon, nama SMA, tanggal lahir dan tanggal pengumpulan harus berada pada bagian atas resume. Pastikan semua informasi yang ditulis adalah informasi terbaru.

Buatlah sebuah daftar

Resume kuliah Anda harus selalu dimulai dengan pendidikan. Anda juga dapat memasukkan aktivitas ekstrakurikuler, kepemimpinan, kegiatan sosial, olahraga, pekerjaan, dan magang. Buatlah daftar secara berurutan berdasarkan kekuatan, hal yang paling kuat setelah pendidikan. Anda juga dapat mengatur urutan berdasarkan tempat di mana Anda melamar.

Sekian artikel tentang tips menulis resume untuk mahasiswa. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Poin Utama dalam Pembuatan CV Mahasiswa


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar