Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mau Perbanyak Pengalaman Buat Fresh Graduate?Ini Caranya!
Siker.id | 09 Nov 2021 13:00


Bagikan ke
Perbanyak pengalaman bagi fresh graduate itu penting. (siker)

siker.id - Ketika Anda sudah lulus kuliah tentunya langkah selanjutnya yang dilakukan adalah mencari kerja. Tapi ternyata masih banyak para fresh graduate yang mengeluh karena requirement yang diminta harus punya pengalaman kerja. Banyak lowongan kerja yang terbuka untuk fresh graduate, tetapi mensyaratkan pengalaman kerja. Alasannya sederhana, yakni mereka tidak ingin repot menuntun karyawannya dari nol. Maka, mereka berharap kandidat sudah punya pengalaman kerja, baik magang, freelance, part time, maupun full time. Lalu bagaimana Anda sebagai fresh graduate mempersiapkan diri?

Baca juga: Begini Tantangan Fresh Graduate Tahun 2021

1. Tonjolkan Skill

Bagi fresh graduate tanpa pengalaman kerja, penulisan skill jadi bagian yang amat menarik. Anda bisa buktikan bahwa skill Anda tidak kalah dari mereka yang berpengalaman kerja. Namun, penulisan skill di CV tidak bisa sembarangan. Tulislah kemampuan yang benar Anda miliki. Selain itu, hindari menulis skill yang abstrak dan tidak terukur. Tuliskan skill yang sudah terbukti. Hal itu bisa ditunjukkan dengan adanya sertifikat penilaian atau kepesertaan kursus online.

2. Ikut Kegiatan Volunteering atau Magang

Anda tidak punya pengalaman bukan berarti harus diam diri. Coba ikuti beberapa kegiatan yang bisa nambah CV kamu dengan ikut volunteering atau magang. Walaupun volunteering tidak bisa dicantumkan sebagai pengalaman kerja, Anda bisa mengembangkan softskill seperti berkomunikasi dengan orang lain.

3. Ikut Pelatihan/Course

Sekarang itu banyak banget kelas online yang diadakan untuk menambah pengetahuan skill. Bisa berupa hardskill atau softskill. Nah, biasanya mereka akan memberikan sebuah sertifikat yang nantinya bisa dicantumkan di CV juga. Dengan begini hrd jadi menambah kepercayaan terhadap kontribusi Anda terhadap perusahaan dengan skill yang Anda punya.

Baca juga: Jangan Minder! Ini 5 Keunggulan yang Dimiliki Fresh Graduate

4. Lengkapi Portofolio

Selain sertifikat, portofolio bisa menjadi bukti bahwa Anda mampu bersaing dengan kandidat lainnya. Mereka yang sudah punya pengalaman satu tahun, belum tentu memiliki portofolio yang lebih baik. Portofolio tidak harus berupa hasil kerja. Anda bisa membuat portofolio sendiri. Contohnya Anda melamar sebagai UI designer. Maka, Anda bisa membuat rebranding dari suatu aplikasi yang sudah ada.

5. Tuliskan Pengalaman Organisasi

Punya pengalaman organisasi sewaktu kuliah? Jika ada, tuliskan hal itu di dalam CV-mu. Cantumkan jabatan, peran, dan nama organisasi yang Anda ikuti. Hal ini bisa menjadi bukti Anda memiliki kemampuan organisasi dan kerja sama yang baik. Bagi fresh graduate tanpa pengalaman kerja, pengalaman organisasi tentu bisa jadi nilai tambah.

6. Desain CV yang Simple

Salah satu permasalahan fresh graduate yang tidak punya pengalaman adalah bagaimana mengisi CV yang kosong. Hal ini bisa diakalin dengan desain tertentu. Memang kelihatan sedikit isinya, tapi justru nilai lebih untuk membuat CV yang menarik, mudah dibaca, dan rapi. Bikin desain yang simple dan kondisikan dengan gaya perusahaan. Biasanya kalau corporate menggunakan CV formal, sedangkan untuk start-up menggunakan CV kreatif. Tapi baik untuk corporate atau start-up bisa Anda desain sendiri.

7. Perbaiki Sosial Media

Selain dari CV atau berkas lainnya, sosial media juga dilihat perekrut. Dari sosial media, mereka bisa melihat Anda orang seperti apa. Misalnya apakah Anda suka mengeluh sama keadaan atau Anda melakukan banyak kegiatan produktif yang ditunjukkan di sosmed.

8. Utamakan Kejujuran

Ini adalah salah 1 point penting yang dilihat HRD. Jangan karena CV kosong Anda mengada-ngada buat penuhin CV nya, lalu Anda berbohong ketika interview agar dilihat bagus. Jadi pastikan Anda tidak berbohong termasuk ketika tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan. Anda bisa menjawab dengan kalimat “saya belum pernah mendengar teori seperti itu saat kuliah, tapi saya akan coba menjawab menurut pemikiran saya..”.

Sekian artikel tentang bagaimana cara memperbanyak pengalaman bagi fresh graduate. Jika menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada semua orang. Dan bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Cara Mencari Pekerjaan Untuk Fresh Graduate


Editor: Theo Adi -

     

Komentar