5 Tipe Atasan yang Banyak Dibenci Orang
Siker.id | 23 Jun 2022 17:30


Bagikan ke
Atasan yang dibenci banyak karyawan (siker)

siker.id - Sebagaimana dalam setiap bentuk hubungan secara umum, relasi antara atasan dan bawahan dalam prosesnya terjadi dinamika yang tak jarang memicu konflik. Besar kecilnya efek konflik tergantung pada bagaimana cara kedua pihak menangani problem yang datang. Sikap negatif dari atasan maupun bawahan mempunyai andil dalam memperkeruh situasi. Jika kamu adalah karyawan dan sudah berusaha bersikap sebaik mungkin namun konflik masih terlalu sering terjadi, kamu perlu mengevaluasi keadaan. Jangan-jangan atasan kamu adalah tipe pimpinan dengan sifat yang dibenci oleh bawahan. Berikut beberapa tipe atasan yang banyak dibenci orang.

Baca juga: 3 Etika saat Meeting dengan Atasan

Tidak peka

Tipe atasan seperti ini hanya berorientasi kepada hasil pekerjaan. Ia tidak mau repot-repot melihat bagaimana sebuah proses pengerjaan tugas yang terjadi. Ia tak segan memerintahkan bawahan untuk bekerja melebihi jam kerja yang seharusnya untuk menyelesaikan suatu tugas. Untuk suatu proyek tertentu atau khusus yang memerlukan penanganan segera, bekerja overtime dapat dimaklumi dan merupakan salah satu bentuk loyalitas.

Menjadi micromanager

Atasan seperti ini selalu merasa perlu memeriksa pekerjaan sampai pada hal-hal kecil dan mendetail yang seharusnya tak perlu. Ia terobsesi untuk mengubek-ubek secara rinci tugas atau proyek yang sedang dikerjakan oleh bawahan. Sifat atasan yang seperti ini sangat membuat bawahan tidak nyaman dan cenderung kehilangan semangat. Ada perasaan bahwa atasan tidak memercayainya.

Pilih kasih

Menjadi suka atau tidak terhadap seseorang memang merupakan hak masing-masing individu. Tetapi dalam hubungan profesional, seorang atasan tidak selayaknya menunjukkan sikap yang membeda-bedakan bawahan, bahkan sampai mempunyai anak emas.

Baca juga: 3 Respon Bijak Ketika Ditegur Atasan

Enggan memberi dukungan

Salah satu sifat buruk atasan adalah tidak adanya kesediaan untuk mendukung kemajuan karier bawahan. Ia hampir tak punya perhatian terhadap keberlangsungan pekerjaan bawahan di masa depan. Kamu tak pernah melihat adanya rencana untuk mempromosikan kamu misalnya. Nasib kamu ke depan tak pernah dibicarakan dan disinggung.

Menolak ide orang lain

Penolakan terhadap ide orang lain bisa disebabkan oleh sikap tak peduli ataupun perasaan bahwa atasan tahu segalanya yang terbaik. Sikap ini tentu saja merugikan bawahan karena tak punya kesempatan mengungkapkan ide-idenya. Selain itu, sikap tak mau mendengarkan ini juga berisiko merugikan perusahaan karena kehilangan kesempatan mendapatkan ide yang bisa jadi merupakan suatu terobosan yang jenius.

Sekian artikel tentang tipe atasan yang dibenci bawahannya. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritk dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Jitu Berkomunikasi Dengan Atasan Extrovert


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar