3 Etika saat Meeting dengan Atasan
Siker.id | 16 Jun 2022 14:30


Bagikan ke
Etika meeting dengan atasan (siker)

siker.id - Rapat adalah kegiatan yang tidak bisa dihindari ketika memasuki dunia kerja, yang mana hal itu merupakan bagian dari pekerjaan. Dan yang namanya rapat tentu saja tidak hanya dilakukan bersama rekan kerja akan tetapi juga dengan atasan dan terkadang juga relasi kerja. Satu hal yang harus kamu jaga saat rapat dengan orang penting seperti atasan ialah etika ketika rapat. Yang mana kamu gak boleh sembarangan bersikap dan harus tahu etika-etikanya supaya gak mencoreng namamu di mata atasan. Lalu apa sajakah etikanya? Simak ulasannya!

Baca juga: 3 Tipe Pemimpin Rapat di Tempat Kerja

Pusatkan fokus pada rapat yang berjalan

Etika pertama kalau rapat dengan atasan ialah pusatkan fokusmu sepenuhnya pada rapat yang sedang berjalan. Mulai dari menyimak hal yang sedang dibahas, pendapat-pendapat yang diberikan orang lain, dan hal lainnya di dalam rapat itu. Kamu gak perlu aktif dan sok tahu dengan banyak berpendapat atau banyak bertanya, karena hal itu justru membuatmu buruk di mata atasan. Jadi cukup simak rapat itu dengan baik dan jangan ganggu prosesi rapat hingga selesai, apalagi kalau ada atasan yang juga ikut rapat.

Jangan asal bersuara kalau tidak dipersilahkan bertanya

ketika mengikuti rapat dengan atasan maka salah satu etikanya ialah sangat penting untuk tahu kapan harus bicara dan diam mendengarkan. Dengan kata lain kamu gak boleh sembarangan bersuara dan berbicara ketika rapat. Kalau ingin bertanya atau memberikan pendapat tentang isi rapat itu maka tunggulah sampai dipersilahkan. Jadi orang yang beretika itu penting terlebih dalam dunia kerja supaya tidak membuat value dirimu jadi rendah di mata orang lain.

Baca juga: 3 Tips Mengelola Rapat Online yang Diikuti

Jangan terus-terusan melihat ke arah atasan

Etikanya yang terakhir ialah jangan terus melihat ke arah atasan, atau bahkan menatap langsung pada mata atasan kecuali saat ia berbicara. Kenapa? Inilah yang dinamakan etika pada yang lebih tinggi posisinya dari kita. Kamu bisa dianggap menantang dan tidak sopan kalau terus menatap atasan ketika rapat berlangsung. Jadi untuk menjaga etika, cobalah untuk fokus pada proposal atau bahan diskusi rapat itu melalui gadget yang disediakan atau dokumen.

Sekian artikel tentang etika meeting dengan atasan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Membuat Rapat Kerja yang Efektif


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar