3 Respon Bijak Ketika Ditegur Atasan
Siker.id | 09 Jun 2022 16:30


Bagikan ke
Karyawan yang sedang di telepon atasan (freepik/siker.id)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - Setiap perusahaan pasti memiliki pemimpin dan gaya kepemimpinan yang berbeda, serta memengaruhi gaya berkomunikasi bagaimana cara pemimpin atau atasan perusahaan tersebut menegur bawahan atau karyawannya. Ada yang memiliki nada cenderung keras, halus, dan juga ada yang cenderung amarah.

Lalu bagaimana responmu jika sedang ditegur oleh pimpinan atau atasanmu? Berikut ini ada beberapa respon bijak ketika kamu ditegur oleh atasanmu.

Baca juga : 3 Tips Tetap Bahagia walau Banyak Hambatan

1. Tetap tenang, kendalikan emosimu 

Tips pertama adalah menenangkan diri terlebih dahulu. Jangan terbawa emosi ketika atasan tiba-tiba menegurmu.  Bagaimanapaun juga, atasan pasti memiliki alasan tersendiri mengapa mereka akhirnya melakukan ini.

Buat suasana sekondusif mungkin untuk mencegah perselisihan yang mungkin saja bisa terjadi. Emosi yang terjaga bisa membuat pikiran kita jernih sehingga respon yang akan kamu berikan nanti akan lebih bijak lagi.

2. Dengarkan dan pahami dulu 

Dengarkan teguran dengan penuh perhatian. Dengan begitu, kita akan mengerti apa sebenarnya kesalahan yang telah kamu lakukan.

Hindari bereaksi dengan kemarahan serta bahasa tubuh yang negatif meski atasan menyampaikan teguran dengan cara yang kasar. Alhasil, kita akan tahu pokok permasalahan yang sebenarnya terjadi.

Baca juga : 3 Dampak Buruk Kebiasaan Ngaret

3. Jika terbukti salah, segeralah minta maaf 

Jika berdasarkan teguran atasan ternyata kamu tebukti melakukan kesalahan, maka jangan ragu untuk segera meminta maaf. Lakukan dengan tulus. Meminta maaf tak akan membuat harga dirimu jatuh, kok.

Selain minta maaf, akui juga kesalahan yang telah kamu lakukan serta katakan jika kamu akan melakukan lebih baik lagi ke depan. Hal ini akan membuat atasan lebih respect lagi padamu.

Demikian diatas tadi beberapa respon bijak yang bisa kau terapkan jika sedang ditegur oleh atasan, semoga membantu ya!

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Cara Milenial Menumbuhkan Motivasinya


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian