Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Cara Membangun Komunikasi Efektif Dengan Atasan?
Siker.id | 02 Dec 2021 14:00


Bagikan ke
Selain dengan rekan kerja, Anda juga harus mampu membangun komunikasi yang baik dengan atasan Anda demi memuluskan jenjang karir Anda kedepannya. (siker)

siker.id - Komunikasi yang efektif merupakan salah satu faktor berhasil atau tidaknya pekerjaan Anda di kantor. Baik pekerjaan yang dilakukan invididual, atau bersama tim dan atasan – pastinya komunikasi efektif mesti Anda bangun dengan sedemikian rupa. Apalagi berhadapan dengan atasan, komunikasi efektif mesti berjalan agar Anda tidak menciptakan kesalahpahaman di dalam proses pekerjaan. Perlu diketahui kalau komunikasi efektif dengan atasan kurang lebihnya akan menentukan jenjang karir kedepan. Untuk itu ini ada tips membangun komunikasi yang baik dengan atasan demi memuluskan karir Anda!

Baca juga: Cara Mengatasi Atasan Memberi Pekerjaan Diluar Job Desc

1. Tidak Hanya Berbicara, Tapi Juga Pendengar yang Baik

Dalam komunikasi mendengar dan berbicara adalah satu komponen yang tidak bisa dipisahkan. Saat diskusi tidak hanya kemampuan berbicara saja yang diperlukan, namun juga kemampuan untuk menjadi pendengar yang baik. Jadilah sosok pendengar yang baik dengan memahami orang lain secara seksama terhadap opini yang disampaikan. Hormati orang lain yang sedang berbicara dengan tidak memainkan ponsel saat berdiskusi dan tidak memotong pembicaraannya.

2. Bersikap Terbuka

Setiap pihak harus bisa terbuka dengan menyampaikan sesuatu tanpa ada yang ditutup-tutupi. Dengan bersikap open minded segala hal yang menjadi masalah atau pokok bahasan antara atasan dan rekan kerja bisa cepat terselesaikan dengan keputusan yang diambil berdasarkan kesepakatan bersama.

3. Benar Mengenal Atasan Anda

Ketika pertama kali bekerja dengan bos Anda, hal yang harus dilakukan adalah melakukan percakapan tentang bagaimana cara berkomunikasi yang dia suka, apakah langsung, telepon, SMS, email. Cari tahu juga seberapa sering dia ingin update status dari Anda. Komunikasi sangat penting untuk membangun hubungan yang kuat dengan atasan Anda.

Baca juga: Yuk, Simak ! Cara Menghadapi Kritikan dari Atasan

4. Setia Kepada Atasan Anda

Selalu menjadi karyawan yang berdedikasi dan jujur. Jangan bicara tentang bos Anda kepada rekan-rekan di kantor, dan jangan pergi menghindar ketika Anda punya masalah. Jika ada masalah, duduk, dan bicarakanlah dengan atasan Anda. Jadilah karyawan yang hormat dan setia. Kurangnya kepercayaan dapat merusak hubungan dan karir Anda.

5. Mengutarakan Pendapat Dengan Sopan

Jika Anda memiliki pendapat yang berbeda dengan atasan terkait penyelesaian tugas atau proyek, Anda mesti utarakan dengan jelas dan sopan. Bisa saja memang pendapat Anda adalah yang terbaik untuk penyelesaian proyek tersebut. Beritahu atasan terkait hal ini dengan baik, benar dan sopan. Jika Anda terbiasa melakukan hal ini, komunikasi efektif bisa diwujudkan dengan mudah.

6. Mengingat Feedback Dari Atasan

Sebagai karyawan, tentu kinerja Anda akan dinilai terkait jenjang karir. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk bekerja dengan baik karena feedback yang diutarakan oleh atasan adalah cerminan dari hasil kerja kamu. Jadi pastikan kamu mengingat dengan baik segala feedback dan review yang diberikan kepada kamu, dan kamu bisa menyesuaikan diri kamu dengan penilaian tersebut.

Sekian artikel tentang tips membangun komunikasi dengan atasan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Tips Tetap Tenang Setelah Dimarahin Atasan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar