3 Tips Jitu Berkomunikasi Dengan Atasan Extrovert
Siker.id | 15 Jun 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi atasan yang extrovert (freepik/siker.id)

siker.id - Menciptakan hubungan yang profesional dengan atasan memang bukan hal yang sulit, apalagi jika atasanmu memiliki kepribadian yang extrovert. Orang-orang dengan jiwa sosial ini secara natural mampu berbaur dengan semua karyawan, serta bisa memahami kebutuhanmu dengan mudah. Atasan yang extrovert mudah didekati, mudah untuk diajak bicara, dan juga dapat memimpin tim secara efisien.

Nah, agar kamu dapat berkomunikasi lancar dengan atasanmu yang extrovert, berikut tipsnya.

Baca juga : 3 Respon Bijak Ketika Ditegur Atasan

1. Berinteraksi secara rutin

 

Salah satu cara terbaik adalah untuk mengerti bahwa extrovert menghargai tiap momen untuk berkomunikasi. Meskipun sering melaporkan progres kerja dan sekadar basa-basi bukanlah kebiasaan kamu, sempatkan beberapa waktu untuk menyapa atasan kamu.

Jika kamu terus menghindari seorang extrovert, mereka dapat berasumsi bahwa kamu tidak menyukai mereka. Reaksi umum mereka adalah untuk berpikir yang terburuk dan berandai-andai kesalahan apa yang mereka perbuat.

Baca juga : 3 Penilaian Atasan yang Membuatmu Bisa Dipercayai

2. Ekspresikan antusiasmemu

 

Berbeda dengan introvert, extrovert cenderung akan mengekspresikan segala perasaannya. Maka dari itu, cara untuk berkomunikasi dengan extrovert yang baik adalah bahwa kamu ikut menunjukkan rasa antusiasme.

Extrovert hidup dalam lingkungan yang eskpresif. Biasakan diri untuk mengungkapkan antusiasme dan semangat pada tiap kesempatan dengan sewajarnya. Dengan itu, hubungan kamu sama si atasan extrovert akan terbangun atas pondasi kepercayaan terhadap kemampuan satu sama lain.

3. Jadilah pendengar yang baik

 

Extrovert menghargai momen di mana orang-orang saling berbagi informasi, khususnya dalam sesi diskusi. Orang yang memiliki kepribadian ini senang berkomunikasi dan akan memperhatikan setiap percakapan apabila topiknya dianggap menarik.

Oleh karena itu, untuk mengimbangi seorang extrovert, ada baiknya kamu menjadi pendengar yang baik ketika mereka sedang berbicara. Agar mereka bisa merasa dihargai, dengarkan atasan extrovert dan tunjukkan antusiasme terhadap ide-ide yang ia berikan.

Itulah dia beberapa tips untuk berkomunikasi dengan atasan yang extrovert, selain itu kamu diharapkan jangan pernah memotong pembicaraan ketika atasanmu sedang berbicara karena extrovert umumnya lebih sensitif dibanding kepribadian lain.

Demikian artikel ini, semoga dapat membantu. Terima kasih.

Baca juga : 3 Cara Membuat Batasan Di Tempat Kerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar