5 Tipe File yang Digunakan dalam Dunia Kerja
Siker.id | 14 Jun 2022 20:30


Bagikan ke
File dalam dunia kerja (siker)

siker.id - Sudahkah kamu mengetahui semua jenis tipe file yang sering digunakan dalam dunia kerja? Bila belum, kamu sepertinya perlu memahami hal ini. Dengan pengetahuan dasar ini, kamu bisa memilih tipe file apa saja yang tepat dan sesuai dengan tugas yang harus dikerjakan. Pemilihan tipe file yang tepat dapat meningkatkan efisiensi kerja dan pertukaran informasi dengan rekan kerja, atasan, klien, dan orang lainnya yang penting. Nah, dalam artikel ini, akan dijelaskan beberapa jenis file yang biasanya digunakan dalam dunia kerja.

Baca juga: 3 Cara Memisahkan File PDF dengan Mudah

Joint photographic experts group (JPEG/JPG)

JPEG/JPEG pastinya adalah tipe file kerja yang sering sekali kamu lihat selama ini. Pasalnya, JPEG/JPEG merupakan salah satu format gambar yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Gambar JPEG/JPG bisa dikirm langsung maupun digunakan dalam berbagai tools lainnya. File ini umumnya berukuran cukup kecil, akan tetapi tampilan gambarnya tetap bagus.

Portable networks graphic (PNG)

PNG adalah format file gambar yang paling cocok untuk web page, seperti logo atau foto yang dipajang di sana. Resolusinya cenderung lebih rendah dari JPG, jadi tidak direkomendasikan untuk media cetak.

Portable document format (PDF)

Pastinya, kamu juga tak asing dengan format PDF. PDF adalah format dokumen yang saat sudah disimpan, tidak dapat diubah-ubah lagi dengan mudah. Jadi, layout file-mu tidak akan bergeser atau menjadi kacau saat dibuka di komputer mana pun. Format file kerja PDF direkomendasikan untuk kirim email, print, dan scan. Saat mengirim CV untuk melamar kerja, format PDF juga merupakan pilihan yang tak pernah salah. Nah, meskipun sulit diubah saat sudah disimpan, kamu bisa melakukan editing dengan aplikasi khusus.

Baca juga: 3 Tips Memberi Kesan Baik di Tempat Kerja Baru

Word document (DOC/DOCX)

Salah satu software pembuatan dokumen yang paling populer adalah Microsoft Word. Ekstensi file yang dibuat dengan software ini adalah DOC atau DOCX. Secara umum, DOC dan DOCx adalah tipe file yang paling sering digunakan di dunia kerja. Selain dengan Microsoft Word, format DOC dan DOCX kini bisa dibuka dengan beberapa software lainnya juga.

PowerPoint presentation (PPT/PPTX)

Microsoft juga punya tipe file yang diciptakan khusus untuk presentasi di dunia kerja, yaitu PPT atau PPTX. File ini khusus dibuka dengan software PowerPoint dan berisi slide–slide presentasi. Tentunya, file PPT/PPTX juga bisa dikirim untuk dibagikan ke rekan-rekan kerjamu.

Sekian artikel tentang tipe file yang biasa digunakan di dunia kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Cara Membuat Batasan Di Tempat Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar