3 Cara Membuat Batasan Di Tempat Kerja
Siker.id | 13 Jun 2022 18:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan terkadang tidak kita sadari bahwa itu penting. Maka, ada kalanya kamu memberi batasan di tempat kerja untuk mencapai keseimbangan tersebut. Batasan ini tidak akan memengaruhi produktivitasmu, namun akan memberikanmu inspirasi agar bisa bekerja optimal

Lalu bagaimana sih cara membuat batasan tersebut? Simak dibawah ini.

Baca juga : 4 Tips Hadirkan Kembali Energi Positif

1. Ketahui batasan diri sendiri

Sebelum membuat dan mengkomunikasikan batasan di tempat kerja, kamu harus mengetahui batasan dalam diri sendiri terlebih dahulu. Batasan tersebut berasal dari nilai yang kamu percaya dan jadi prioritas dalam hidup.

Proses seperti mengetahui batasan fisik dan mental diri sendiri, merasakan dan memahami perasaan yang sedang dialami, dan lain sebagainya, penting untuk kamu pahami dahulu ya.

2. Komunikasikan batasanmu dengan yang lain

 

Setelah menentukan batasanmu, komunikasikan hal tersebut kepada rekan kerja maupun atasan. Hal ini bisa semudah memberitahu rekan kerja kalau kamu tidak bisa menjawab panggilan telepon saat lewat jam kerja (malam hari), atau kapan waktu terbaik untuk menghubungimu.

Baca juga : 3 Cara Ciptakan Aura Positif di Lingkungan Kerja

3. Katakan tidak

 

Berhenti menjadi people pleaser dan berani berkata tidak adalah salah satu cara membuat batasan di tempat kerja. Meski begitu, mempraktikkannya memang tidak mudah.

Jika kamu tidak berani mengatakan “tidak” secara langsung, kamu bisa memberikan pertanyaan “apa yang harus saya lakukan untuk pekerjaan ini?”. Setelah itu, jelaskanlah kondisi yang sedang kamu miliki dan beritahu alasan kenapa kamu tidak bisa mengambil pekerjaan tersebut.

Itulah dia beberapa cara untuk membuat batasan di tempat kerja, tentunya tidak hanya berpengaruh untuk menyehatkan lingkungan atau suasana kerjamu, tetapi juga keseimbang hidup yang bisa kamu dapatkan.

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Cara Menyikapi Karyawan Yang Positif Covid-19


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar