4 Tips Menciptakan Kultur Perusahaan Yang Hebat
Siker.id | 20 May 2022 15:20


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Kultur perusahaan akan mempengaruhi bagaimana kerja perusahaan dalam menjalankan sebuah bisnis. Kultur perusahaan sendiri merupakan suatu cara hidup dan diterapkan sehari-hari oleh karyawan yang ada di perusahaan tersebut. Jika kultur ini dibangun negatif dan tidak kuat, perusahaan tentunya akan sulit untuk bertahan dan bersaing dengan perusahaan lainnya.

Berikut ini ada beberapa tips untuk menciptakan kultur perusahaan yang hebat. Simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Tips Cara Menjawab Pertanyaan saat Presentasi

1. Mengetahui tujuan perusahaan

 

Hal pertama yang paling mendasar adalah ketahui tujuan dari perusahaan, ini mencakup pada visi dan misi dari perusahaan tersebut. Tujuan besar tersebut tentunya harus diiringi dengan breakdown langkah demi langkah yang lebih kecil, yang bisa langsung diimplementasikan sehari-hari.

Hal ini akan berkaitan dengan bisnis model yang dijalani suatu perusahaan pula. Misalnya saja, memiliki hubungan yang baik dengan konsumen dan bisa menjadi solusi yang diandalkan semua konsumen yang ada. Dengan adanya tujuan yang tercermin dalam keseharian bisnis, kultur perusahaan tentunya akan lebih kuat.

2. Miliki standar

Ciptakan standar dalam perusahaan atau kantor Anda. Standar ini berbicara mengenai standar operasional sehari-hari, standar berpakaian, sampai standar berkomunikasi dan mengadakan rapat.

Misalnya, menciptakan aturan saat rapat dimana semua karyawan harus benar-benar fokus dan berpartisipasi, dan dengan estimasi waktu yang dilakukan maksimal 45 menit.

Baca juga : 3 Tips Meniti Karir Di Perusahaan Startup

3. Pemimpin harus menjadi contoh

Sebagai pemimpin, tentunya Anda harus menjalankan peraturan yang Anda terapkan kepada bawahan Anda. Misalnya saja, Anda mengharapkan bawahan Anda untuk bisa berpakaian dengan baik dan sopan, bekerja dengan cepat, serta tidak datang terlambat.

Anda pun harus menerapkan yang demikian juga, menjadi contoh atau panutan bagi karyawan di bawah Anda. Sebaik apa pun karyawan Anda, sedikit banyak mereka pasti terpengaruh jika Anda sendiri tidak menjadi contoh yang baik bagi mereka.

4. Memiliki kultur komunikasi yang baik

Ciptakan komunikasi yang baik. Komunikasi ini misalnya saja mengenai apa yang Anda harapkan dari orang lain, mengenai cara kerja dan waktu pengerjaannya. Komunikasi yang baik juga termasuk kejujuran menyampaikan kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki kepada anggota tim Anda.

Termasuk, ketika ada tugas dari atasan yang tidak Anda mengerti, atau masih kurang jelas. Enggannya Anda bertanya justru nantinya bisa membuat pekerjaanmu tidak beres.

Nah, itulah dia beberapa tips untuk menciptakan kultur perusahaan yang hebat, tentunya agar karyawan Anda nyaman dan bisa menjadi produktif, serta mendapatkan hasil kerja yang lebih baik. 

Sekian artikel ini, semoga dapat membantu. Jika ada kritik dan saran silahkan ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Menghadapi Rekan Kerja Kurang Berkompeten


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar