3 Tips Cara Menjawab Pertanyaan saat Presentasi
Siker.id | 20 May 2022 10:00


Bagikan ke
Jawab pertanyaan saat presentasi (siker)

siker.id - Setiap orang punya cara tersendiri untuk menjawab pertanyaan dari audiens saat presentasi. Meski begitu, sesi tanya jawab masih sering membuat keringat dingin untuk beberapa orang. Banyak peluang untuk pertanyaan tak terduga atau yang mungkin sulit dijawab. Namun, perlu diingat, kamu tidak harus memiliki jawabannya saat itu juga. Ketahui juga jenis pertanyaan yang diajukan dapat langsung dijawab atau harus menyiapkan slot waktu tanya jawab khusus setelah presentasi. Berikut tips jitu menjawab pertanyaan presentasi dengan baik dan tidak grogi.

Baca juga: Berikut 4 Teknik Presentasi yang Benar

Jawab dengan singkat

Tunjukan jawaban kamu ke penanya dan audiens presentasi lainnya. Berikan jawaban secara singkat, jelas, dan spesifik untuk pertanyaan yang diajukan. Berikan pula bukti dengan fakta atau contoh untuk mendukung jawaban kamu. Jangan berikan ruang untuk munculnya pertanyaan susulan yang masih terkait dengan topik tersebut agar tidak makin melebar. Periksa kembali dengan penanya untuk memastikan apakah kamu telah menjawab pertanyaan mereka, dengan bertanya “Apakah itu menjawab pertanyaan Anda dengan cukup jelas?” saat presentasi.

Pertahankan kontak mata dengan penanya

Saat audiens bertanya, pertahankan kontak mata dengannya sampai selesai. Jangan mengutak-atik slide, mencatat, atau hal lain yang bisa menganggu fokus. Terdistraksi oleh hal-hal lain sementara audiens sedang berbicara membuat kamu terlihat tidak sopan dan kurang profesional. Jadi pastikan menjaga kontak mata untuk memberi si penanya perhatian penuh. Tidak apa juga untuk sesekali mengangguk sebagai pertanda kamu masih memperhatikannya.

Baca juga: Pentingnya Menyiapkan Presentasi Bisnis yang Menarik

Jujur jika tidak tahu jawabannya

Akan selalu lebih baik untuk jujur daripada mencoba membual saat menjawab pertanyaan yang sulit waktu presentasi. Membual, bertele-tele, apalagi berbohong, akan membuat kamu mudah kehilangan kredibilitas. Namun, menjawab pertanyaan yang sulit dengan jujur juga ada cara khususnya agar kamu tetap terlihat kompeten. Saat akan menjawab, maju satu langkah menghadap si penanya dan jaga kontak mata. Jika posisi kamu duduk, condongkan badan sedikit ke depan meja.

Sekian artikel tentang tips menjawab pertanyaan saat presentasi. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tips Mempersiapkan Presentasi Bahasa Inggris dengan Baik


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar