3 Tips Menghadapi Rekan Kerja Kurang Berkompeten
Siker.id | 20 May 2022 13:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Setiap perusahaan pastinya mempunyai tuntutan agar karyawannya bekerja sama dalam tim dan juga hasil pekerjaan yang memuaskan. Namun, apa jadinya bila salah satu teman tim kamu ada yang kurang kompeten dalam pekerjaan atau proyek yang sedang tim kamu kerjakan, padahal tim ini di bentuk oleh manajemen perusahaan.

Berikut ini ada beberapa tips menghadapi rekan kerja yang kurang berkompeten.

Baca juga : 4 Ciri Pekerja yang Tidak Bisa Diandalkan

1. Bersabar dan tetap berpikir positif

Jika ternyata kamu mengetahui rekan kerja kurang kompeten, hal pertama yang mesti dilakukan adalah bersabar. Menerima kenyataan atau kondisinya. Tidak perlu berpikiran bahwa kamu yang akan capek sendiri mengerjakan tugas karena rekan kerja yang tidak cakap dalam melakukan suatu pekerjaan di bidang tertentu.

Tetaplah positive thinking. Mungkin rekan kerjamu memang kurang kompeten di pekerjaan yang satu, namun memiliki kemampuan di bidang lain. Pasti setiap orang mempunyai kekurangan dan kelebihan, termasuk kamu.

Baca juga : 4 Tips Sukses Mengirim Cold Message di Linkedin

2. Selalu mengingatkan

Agar kamu tidak kesal sendiri terhadap kelakuan rekan kerja yang kurang kompeten, tak perlu sungkan untuk selalu mengingatkan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Tentu dengan kalimat yang sopan.

Ingatkan bahwa deadline tugasnya sudah dekat, atau hal lain yang berkaitan dengan pekerjaan. Jadi, dia akan berusaha mempercepat kerjanya. Sesekali tanyakan progres pekerjaannya, apakah sudah selesai, apa kendalanya jika belum beres.

3. Kerjakan pekerjaanmu

Tidak perlu sibuk mengurusi rekan kerja yang kurang kompeten. Ngadu sana, ngadu sini untuk menjatuhkannya. Lebih baik fokus pada pekerjaan yang menjadi bagianmu agar cepat selesai.

Kerjakan apa yang menjadi tanggung jawabmu. Jika sudah selesai, kamu bisa membantu rekan kerja yang mengalami kesulitan. Saling tolong menolong supaya target tim dapat tercapai dan memperoleh hasil memukau.

Itulah dia beberapa tips untuk kamu jika dihadapkan dengan situasi rekan kerja yang kurang berkompeten, semoga membantu ya!

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan di tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Cara Menjawab Pertanyaan saat Presentasi


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar