Ketahui 4 Tips Ini Agar Lulus Masa Probation
Siker.id | 26 Apr 2022 12:30


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.idProbation adalah periode bagi seorang karyawan ketika ia baru bergabung dengan sebuah perusahaan. Selama masa probation berlangsung, perusahaan akan melihat dan mengevaluasi karyawan tersebut apakah kinerja dan juga sudah sesuai atau belum dengan budaya perusahaan. Masa probation biasanya berlangsung selama 3 bulan. 

Nah, dibawah ini ada tips agar lulus probation dan bisa menjadi karyawan tetap secara sah.

Baca juga : Sebelum Kerja Pahami Makna dan Jenis Pelatihan Kerja

1. Ciptakan kesan pertama yang baik

Probation merupakan waktu yang tepat untuk menciptakan kesan pertama yang baik. Kamu bisa bersikap ramah, terbuka, aktif, dan bertanggung jawab pada masa probation-mu.

Dengan menciptakan kesan pertama yang baik, orang akan mengenalmu sebagai seseorang yang baik pula serta kamu bisa bersosialisasi dengan mudah.

2. Bangun networking

 

Tidak hanya berguna saat probation. tetapi juga akan memberi manfaat yang sangat baik ketika kelak kamu sudah menjadi karyawan tetap. Kamu bisa mulai berkenalan dengan rekan satu tim maupun dengan tim lainnya.

Dengan begitu, kamu bisa bekerja sama dengan banyak orang. Jika kamu membutuhkan bantuan, kamu juga tahu harus bertemu dengan siapa.

Baca juga : Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?

3. Jangan malu bertanya

 

Tanyakan hal-hal yang belum kamu ketahui pada rekan kerja atau atasan. Jadi, kamu tidak akan mati gaya dan salah langkah ketika menjalani probation. Selain itu, jangan takut untuk menanyakan feedback kinerjamu kepada atasan agar kamu bisa terus berkembang dan memperbaiki kesalahan.

4. Proaktif

 

Seorang karyawan harus proaktif mengemukakan gagasan, menciptakan ide menarik, dan melakukan aksi-aksi yang memajukan perusahaan.

Sebagai contoh, ketika kamu sudah menyelesaikan tanggung jawabmu jauh sebelum deadline yang ditentukan, kamu bisa menanyakan atasanmu tentang hal-hal lain yang bisa kamu lakukan. Atasan akan menyukai karyawannya yang proaktif.

Demikian artikel ini membahas tips yang perlu kalian ketahui disaat menjalani masa probation agar lulus, semoga dapat membantu. Jika ada kritik dan saran bisa dituliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Tidak Lulus Masa Probation?? Ini Penyebabnya!


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar