Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Sukses Lulus Masa Probation
Siker.id | 06 Feb 2022 17:00


Bagikan ke
Sukses lulus masa probation. (siker)

siker.id - Masa probation (percobaan) selama tiga atau enam bulan bekerja, bagi sebagian karyawan baru, mungkin bisa dikatakan cukup mendebarkan. Pasalnya, jika mereka tidak lulus masa probation maka mau tidak mau harus mulai mencari pekerjaan baru lagi. Tentu saja hal ini tidak akan mudah didapatkan saat ini mengingat mendcari pekerjaan terbilang sangat sulit.

Oleh karena itu, justru masa probation adalah masa yang dapat dimanfaatkan para karyawan baru untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan, supaya dapat lulus masa probation dengan hasil yang memuaskan!

Baca juga: Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?

Bangun citra yang positif

Mungkin Anda melamar posisi tertentu yang bisa memanfaatkan kemampuan dengan maksimal. Namun, dalam perusahaan, terutama startup, seringkali Anda diminta memainkan banyak peran dan menangani berbagai pekerjaan. Manfaatkan kesempatan ini untuk mempelajari banyak ilmu baru dan menambah pengetahuan, serta kemampuan.

Siapa tahu setelah mempelajari banyak ilmu, Anda jadi tertarik untuk mendalami peran lain di dalam perusahaan, kan? Jadilah pekerja yang fleksibel. Anda tak akan pernah rugi karena hal ini. Atasan justru senang dengan karyawan yang memiliki kemauan belajar dan berkembang yang tinggi.

Rajin bertanya

Anda mungkin kebingungan mengerjakan tugas baru selama probation. Masa probation memang didesain untuk menguji kemampuan Anda bekerjasama dan beradaptasi. Oleh sebab itu, janganlah malu untuk sering bertanya pada kolega baru Anda mengenai pekerjaan yang harus dilakukan.

Baca juga: 4 Tips Persiapan Melamar Kerja

Atur waktu dengan baik

Orang yang tepat waktu akan lebih dihargai di tempat bekerja.Karenanya, tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang bisa mengatur waktu dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Datanglah tepat waktu ke kantor selama masa probation. Jika Anda rajin datang ke kantor tepat waktu, tentu saja ini akan menjadi nilai plus tersendiri di mata perusahaan.

Buat target

Tentukan target pribadi yang ingin Anda capai selama masa probation secara realitis. Misalnya, perusahaan memberikan tenggat waktu tiga bulan lagi bagi Anda untuk menyelesaikan sebuah proyek. Anda bisa berusaha melakukannya lebih cepat. Dengan memberikan performa maksimal yang melebihi ekspektasi perusahaan, Anda pasti lulus masa probation ini.

Sekian artikel tentang tips sukses lulus masa probation. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Beberapa Manfaat Orientasi di Tempat Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar