icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Sastra Jepang?
Siker.id | 17 Nov 2021 21:00


Bagikan ke
Lulusan sastra jepang memiliki peluang kerja yang sangat bagus. (siker)

siker.id - Apa yang ada dipikiran Anda ketika ditanya mengenai prospek kerja sastra jepang? Apakah hanya menjadi seorang otaku atau weaboo saja? Tentu saja tidak! Jurusan sastra Jepang itu nyatanya memiliki banyak peluang kerja yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Jurusan ini mempelajari segala hal tentang Jepang mulai dari bahasa, budaya, dan seni. Dalam artikel ini, Anda akan dipaparkan beberapa prospek kerja sastra jepang yang bisa Anda tekuni di masa depan.

Baca juga: Bagaimana Peluang Kerja Lulusan Administrasi Bisnis?

A. Kantor Kedutaan Besar Jepang Di Indonesia

Anda berpeluang besar menjadi staf pekerja di kantor kedutaan besar Jepang yang ada di Indonesia. Anda bisa mengenal budaya Jepang dengan lebih mendalam selama bekerja di kedutaan ini. Tentu gaji yang diberikan melebihi rata-rata gaji pekerja di Indonesia sendiri.

B. Kementerian Luar Negeri

Selain bekerja pada lembaga Jepang yang ada di Indonesia, Kamu juga memiliki prospek bekerja sebagai staf duta diplomatik Indonesia yang ada di Jepang. Kamu bisa memilih karir sebagai pekerja non PNS atau staf KBRI yang berstatus PNS.

C. Perusahaan Multinasional

Setelah lulus dari Sastra Jepang, Anda berkesempatan untuk bekerja di perusahaan multinasional Jepang. Lulusan Sastra Jepang biasanya ditempatkan di bagian operasional perusahaan. Jika bekerja dengan baik dan mampu berbahasa Inggris, Anda berkesempatan untuk bekerja di Jepang.

D. Leksikografer

Leksikografer merupakan orang-orang yang mengerti dan bekerja secara teknis untuk menyusun kamus. Nah, jika Anda lulusan Sastra Jepang dan sangat menyukai bahasa Jepang, maka profesi sebagai leksikografer dapat menjadi pilihan.

E. Public Relation

Jika suka menulis, mampu berbahasa Jepang secara fasih, bertemu orang baru dan berbicara banyak hal, berkarir sebagai public relation cocok untuk Anda. Public Relation merupakan sebuah profesi yang tugasnya merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasi kegiatan yang dirancang untuk menciptakan atau menjaga citra publik yang baik atau meningkatkan awareness.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Bagi Lulusan Bahasa Inggris?

F. Tour Guide

Prospek kerja sastra Jepang yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang berjiwa traveller. Di karier ini, tidak hanya berwisata, Anda juga sambil bekerja. Dengan pengetahuan yang dimiliki mengenai Jepang, penting untukmu paham dalam menjelaskan setiap informasi atau peninggalan sejarah yang terdapat di Jepang. Tidak perlu ke Jepang, Anda cukup menjadi tour guide bagi masyarakat Jepang yang sedang berwisata ke Indonesia.

G. Tenaga Pengajar

Peluang kerja sebagai dosen atau pengajar sudah pasti tidak bisa kita lewatkan. Jika sangat senang dengan mengajar dan membagi ilmu, pilihan pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda. Menekuni sebagai dosen atau pengajar, Anda harus melanjutkan pendidikan sampai jenjang magister. Selain itu, Anda juga bisa mengambil kursus atau kelas tambahan untuk mendapat sertifikat mengajar. Namun, apabila hanya ingin menjadi guru les privat atau tempat kursus lainnya, ada kemungkinan tidak harus memiliki sertifikat mengajar.

H. Editor

Prospek kerja sastra Jepang terakhir adalah editor. Anda bisa bekerja sebagai editor untuk tulisan secara umum atau di dunia penerbitan. Jenis tulisan yang disunting boleh jadi tak terbatas pada bahasa Jepang saja. Dengan kualitas linguistik mumpuni, Anda bisa bekerja di bidang editorial pada lini mana pun.

Sekian artikel tentang peluang kerja lulusan sastra jepang. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Anda Lulusan Pendidikan Luar Sekolah, Ini Prospek Kerjanya


Editor: Theo Adi -

     

Komentar