icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Peluang Kerja Lulusan Administrasi Bisnis?
Siker.id | 17 Nov 2021 12:45


Bagikan ke
Anda lulusan administrasi bisnis wajib tahu prospek kerja kedepannya. (siker)

siker.id - Memilih jurusan kuliah memang harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat Kamu memilih jurusan kuliah salah satunya ialah peluang kerja dari jurusan yang akan Kamu pilih. Salah satu yang bisa Anda pilih adalah jurusan administrasi bisnis. Sebagai referensi, berikut ialah beberapa peluang atau prospek kerja administrasi bisnis:

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Administrasi Pendidikan?

1. Staf Administrasi

Salah satu prospek kerja seorang lulusan administrasi bisnis adalah sebagai staf administrasi dari sebuah perusahaan. Posisi staf administrasi dalam perusahaan sendiri sangat beragam, seperti staf administrasi umum, perpajakan, gudang, dan masih banyak lagi. Ada beberapa tugas yang dikerjakan oleh staf administrasi. Tugas pertama yaitu filing atau rekapitulasi data seperti surat domisili, surat bukti transaksi, dan surat berharga aset perusahaan. Staf administrasi juga bertanggung jawab membuat surat-surat resmi yang dibutuhkan perusahaan seperti surat domisili, surat perpanjangan kontrak, dan surat pembelian.

2. Manajemen Perusahaan

Lulusan administrasi bisnis memiliki kompetensi yang cukup lengkap. Salah satu kompetensi tersebut adalah di bidang manajemen. Pengertian manajemen perusahaan adalah proses memimpin, pengadministrasian, dan mengarahkan perusahaan. Seorang manajer harus mampu mengambil keputusan, berkomunikasi, memberi motivasi, melakukan delegasi, serta mengembangkan orang lain dengan penilaian, saran, dan training. Sebagai manajer juga harus bisa melakukan perencanaan matang mengenai berbagai aktivitas perusahaan serta mengawasi keberjalanannya.

3. Staf Sumber Daya Manusia

Posisi lain di perusahaan yang biasa ditempati oleh lulusan administrasi bisnis adalah staf sumber daya manusia. Staf sumber daya manusia atau biasa disebut human resource development (HRD) adalah bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab dalam sumber daya manusia mulai dari persiapan perekrutan pegawai baru hingga kontrak kerjanya. Selain itu, HRD berfungsi memetakan dan menyaring sumber daya manusia dalam perusahaan.

4. Konsultan Bisnis

Lulusan jurusan administrasi bisnis berkesempatan bekerja sebagai konsultan bisnis di sebuah perusahaan. Besarnya gaji yang bisa Kamu dapatkan sebagai konsultan bisnis mulai dari Rp 5 juta hingga 7 jutaan.

5. Staf Pemasaran

Kamu juga berkesempatan untuk bekerja sebagai staf pemasaran di sebuah perusahaan. Di jurusan administrasi bisnis, Anda akan belajar mengenai imu marketing. Sebagai staf pemasaran, besar gaji yang bisa Anda peroleh bervariasi.

6. Dosen

Setelah lulus sarjana dari jurusan administrasi bisnis Anda bisa berkesempaan melanjutkan kuliah S2. Setelah menyelesaikan program master di bidang ini Anda dapat langsung bekerja sebagai dosen. Gaji dosen sangat bervariasi mulai 5 juta, tergantung pada pengalaman.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Buat Lulusan Managemen Informasi?

7. Pebisnis

Sebagai lulusan jurusan administrasi bisnis, Anda tentu mempunyai bekal pengetahuan yang cukup di dunia bisnis. Anda dapat menggunakan bekal ilmu tersebut untuk membangun bisnis sendiri. Besarnya penghasilan sebagai pebisnis tentu sangat beragam dapat mencapai angka yang sangat tinggi.

8. Konsultan Bisnis

Dengan berbagai ilmu yang dikuasai di bidang bisnis, seorang lulusan administrasi bisnis juga bisa menjadi konsultan bisnis. Konsultan adalah seorang yang dipercaya memberi nasihat mengenai berbagai aspek bisnis yang ada dalam perusahaan klien, namun tidak diberi kewenangan untuk melakukan implementasi dan kebijakan. Konsultan sendiri terbagi dalam dua kategori, yaitu konsultan internal dan konsultan eksternal. Bedanya terletak pada di mana konsultan tersebut bekerja, apakah di dalam perusahaan yang meminta konsultasi atau suatu firma atau agensi konsultan tersendiri.

9. Analis Keuangan

Sebagai seorang analis keuangan, Anda akan mengambil data mengenai laporan pendapatan perusahaan, membangun model keuangan, dan membuat rekomendasi keuangan. Seorang analis keuangan memiliki pemahaman mengenai sektor bisnis atau industri tertentu dan memberikan pendapat mengenai kebijakan keuangan yang harus diambil perusahaan.

10. Market Research Analyst

Lulusan administrasi bisnis pun bisa menjadi seorang market research analyst. Seorang market research analyst membantu perusahaan untuk memahami siapa pasar dan audiens mereka, apa produk yang harus dijual, serta bagaimana mempromosikan produknya. Mereka pun membuat survey memahami target yang mereka teliti, dan melatih pewawancara bagaimana melakukan wawancara untuk kepentingan survey.

Sekian artikel tentang peluang kerja lulusan administrasi bisnis. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Karir Apa yang Cocok Bagi Lulusan Ekonomi Manajemen?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar