icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Saja Peluang Kerja Bagi Lulusan Bahasa Inggris?
Siker.id | 05 Nov 2021 13:30


Bagikan ke
Di era digital yang menuntut hubungan lebih luas, bahasa inggris adalah salah satu bahasa asing yang banyak digunakan. (siker)

siker.id - Prospek kerja jurusan bahasa Inggris cukup menguntungkan saat ini. Terlebih di era digital yang menuntut hubungan lebih luas, bahasa inggris adalah salah satu bahasa asing yang banyak digunakan dan dianggap sebagai bahasa resmi negara. Selain itu, lulusan ini mempunyai peluang besar saat mencari pekerjaan. Secara umum, lulusan kuliah bahasa Inggris identik menjadi seorang pengajar atau guru. Namun, sekarang sudah banyak profesi yang bisa dicoba oleh lulusan bahasa Inggris. Apa saja prospeknya? Berikut ulasannya!

Baca juga: Berikut 8 Hak Cuti yang Perlu Anda Tahu!

1. Pengajar

Menjadi lulusan bahasa asing, tentu Anda bisa menjadi pengajar bahasa asing baik menjadi seorang guru, dosen, maupun instruktur kursus. Bukan hanya mengajar bahasa asing untuk orang Indonesia, tetapi Anda juga bisa menjadi seorang pengajar bahasa Indonesia untuk para penutur asing yang sedang mendalami bahasa Indonesia.

2. Editor / Penyunting Bahasa

Kian berkembangnya industri media cetak dan digital, kebutuhan akan penulis dan editor juga kian bertambah setiap waktu. Terlebih lagi, banyak sekali naskah terjemahan dari penulis mancanegara yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Maka lulusan bahasa dan sastra asing sangat memiliki tempat untuk mengisi pekerjaan ini.

3. Penulis

Sering bermain dengan kata-kata, lulusan sastra atau bahasa asing pun bisa banget jadi penulis! Penulis terlibat aktif dalam menciptakan dan mengembangkan karya fiksi dan non-fiksi. Selain itu, media baru juga banyak membuka kesempatan untuk para penulis di berbagai macam bidang, seperti copywriter maupun content writer.

4. Interpreter

Pekerjaan ini juga cocok untuk peluang kerja lulusan sastra inggris yang suka menerjemahkan bahasa. Walaupun tugasnya mirip dengan seorang translator, namun pekerjaan Interpreter berbeda dalam penyampaiannya. Interpreter bertugas menerjemahkan bahasa inggris secara lisan dan langsung tanpa menulisnya. Sehingga, seorang interpreter harus berkonsentrasi tinggi dalam menerjemahkan orang yang berbicara. Interpreter sering digunakan saat pertemuan antar negara dunia dengan berlatar belakang bahasa yang berbeda.

Baca juga: Apa Saja Hak Jaminan Sosial dalam Dunia Kerja?

5. Blogger

Bagi Anda lulusan sastra inggris yang memiliki hobi suka menulis dan ingin banyak uang, tidak salah jika mencoba menjadi blogger. Anda bisa memilih topik blog dalam bahasa inggris yang tentunya akan dibaca oleh seluruh orang dari seluruh dunia. Akan tetapi untuk menjadi seorang blogger tidaklah mudah, karena diperlukan kesabaran dan kerja keras untuk mendapatkan banyak pengunjung.

6. Freelance Writer

Freelance Writer dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin bekerja tidak terikat dengan waktu dan bisa dimanapun. Terlebih lagi bahasa inggris banyak digunakan di seluruh dunia sehingga tidak heran Freelance Writer menjadi prospek dan peluang kerja lulusan sastra inggris yang menarik.

7. Diplomat

Pernahkah Anda mendengar profesi ini? Diplomat menjadi salah satu prospek kerja jurusan bahasa Inggris yang peluangnya sangat besar. Selain itu, tugas seorang diplomat adalah mewakili negara untuk melakukan diplomasi. Tugas lainnya adalah mewakili negara dalam pertemuan yang sangat penting. Tidak hanya menguasai bahasa Inggris saja, tapi seorang diplomat harus bisa melakukan negosiasi terbaik.

8. Tour Guide

Anda suka jalan-jalan? Atau suka memandu seseorang saat berwisata? Jika iya, maka Anda bisa memilih menjadi seorang tour guide. Profesi ini dinilai sangat populer dan peluangnya besar di kalangan lulusan bahasa Inggris. Anda bisa memilih destinasi wisata yang banyak diincar oleh para turis.

9. Ahli Bahasa

Menjadi seorang ahli bahasa adalah kesempatan emas untuk para lulusan sastra Inggris, terutama yang sewaktu kuliah lebih memilih konsentrasi linguistik. Tugas seorang ahli bahasa di antaranya melakukan logika pembentukan kata di dalam suatu bahasa, meneliti interaksi unsur bahasa, hingga meneliti hubungan antara satu bahasa dengan bahasa yang lain.

10. Asisten Editorial

Pertumbuhan penerbitan digital yang saat ini kian meningkat, membuat kesempatan untuk bisa bekerja di perusahaan publikasi online lebih meningkat. Peluang bisa dimanfaatkan oleh lulusan sastra terutama sastra Inggris untuk menjadi asisten editorial, di mana tugasnya adalah mendukung para staf editorial senior di bagian administrasi, perencanaan dan produksi buku, majalah, jurnal, maupun materi online.

11. Wartawan Koran

Lulusan bahasa Inggris juga bisa menjadi wartawan koran, lho! Jurnalisme koran saat ini juga kian multi-platform, sehingga keterampilan di dalam bidang teknologi informasi kian dihargai. Banyak koran besar di Indonesia yang menggunakan bahasa Inggris dalam penulisan artikelnya seperti The Jakarta Post, Kompas dan Tempo.

12. Wartawan Majalah

Tidak jauh berbeda dengan wartawan koran, lulusan sastra asing juga berpeluang untuk menjadi wartawan majalah. Tugasnya adalah meneliti dan menulis artikel berita serta fitur untuk berbagai macam publikasi majalah, dengan berbagai jenis kontenya.

Sekian artikel tentang peluang kerja lulusan Bahasa inggris. Jika Anda menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima Kasih.

Baca juga: Tips agar Lolos Wawancara Sesi Terakhir


Editor: Theo Adi -

     

Komentar