3 Cara Bersikap Arsetif di Lingkungan Kerja
Siker.id | 20 Apr 2022 08:30


Bagikan ke
Sikap arsetif di tempat kerja (siker)

siker.id - Pernahkah suatu ketika kamu tidak berani menolak tugas yang datang di luar tanggung jawab ketika pekerjaan sendiri sedang menumpuk? Atau justru malah menolak tugas tambahan itu dengan keras hingga membuat rekan lain tidak menyukaimu? Memang, keduanya jadi terkesan serba salah. Nah, untuk mulailah dari sekarang belajarlah bersikap asertif di lingkungan kerja. Walaupun tegas, sikap asertif tetap mampu menjaga perasaan rekan lain. Coba ikuti beberapa cara di bawah ini biar komunikasimu makin efektif di tempat kerja.

Baca juga: 3 Batasan Tidak Dianggap Caper di Tempat Kerja

Kedepankan rasa hormat

Ketika mempraktikkan sikap asertif, tetaplah mengedepankan rasa hormat. Utarakan pemikiran atau pendapatmu dengan tetap menghargai mereka. Hindari terlalu menggebu-gebu atau bahkan sampai memaksakan kehendak. Pastikan kamu mengontrol emosi untuk menjaga perasaan rekan lain juga, ya. Alih-alih bersikap tegas, lost control justru membuatmu jadi dicap buruk.

Tak perlu menjadi people pleaser

Terus berusaha untuk menyenangkan orang lain atau biasa disebut people pleaser sekilas memang terdengar baik. Namun, jika terus-menerus justru bisa merugikan diri sendiri dengan risiko stres hinga burn out-nya. Menjadi orang yang tidak enakan bisa membuat kamu capek sendiri, lho. Waktu hingga energi kamu akan habis untuk memenuhi keinginan orang lain yang tiada ujungnya. Untuk menjadi profesional di kantor, kamu tidak harus menjadi people pleaser, kok.

Baca juga: 3 Cara Membangun Sikap Empati di Tempat Kerja

Terus latih untuk membentuknya

Untuk memiliki sikap asertif, kamu harus melewati proses latihan agar semakin terbiasa. Mulailah dari seseorang yang dekat denganmu dulu. Seseorang yang berada di sekitar kamu memiliki risiko yang lebih kecil dibandingkan tiba-tiba langsung bertindak asertif ke atasan. Jika masih gugup, coba latih percakapan di depan cermin. Siapkan kalimat-kalimat dan praktikkan seolah-olah di hadapanmu adalah lawan bicaramu. Berlatih membuatmu semakin gampang dilakukan.

Sekian artikel tentang cara bersikap arsetif di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Cara Hadapi sebuah Kritikan di Tempat Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar