icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Cara Hadapi sebuah Kritikan di Tempat Kerja
Siker.id | 14 Apr 2022 17:30


Bagikan ke
Cara hadapi kritikan (siker)

siker.id - Dalam hidup ini tidak semua hal yang kamu harapkan akan berjalan dengan mulus tanpa adanya hambatan. Begitu pun dengan berbagai hal yang sudah kamu lakukan dengan cukup baik saat ini belum tentu dapat diterima oleh semua orang begitu saja. Bahkan sampai sekarang terkadang ada pula yang masih menganggapnya ‘kurang’ karena hal-hal tertentu alias orang-orang ini mengkritik sesuatu yang kita lakukan masih banyak kurangnya. Mungkin di tempat kerja kamu pernah atau justru sering mengalami kritikan dari rekan kerja ataupun atasan semacam ini. Maka kamu perlu tahu cara menghadapi sebuah kritikan di tempat kerja yang baik.

Baca juga: 3 Cara Hadapi Kritikan di Tempat Kerja

Ingat Bahwa Kritik Bukan Sebuah Serangan

Sebaiknya kamu tidak menunjukkan emosi ketika mendapatkan kritikan di tempat kerja. Ingatlah kalau sebenarnya kritikan itu bukanlah sebuah serangan dari orang lain kepadamu. Jadi kamu harus dapat meredam emosi negatif tersebut dan jangan sampai menunjukkan respons apapun kepada mereka. Sebab jika kamu memberikan respons terlebih dengan kata-kata konfrontasi, ini hanya akan memperburuk citra dirimu. Jadi tetaplah bersikap tenang dan profesional dalam mengahadapi kritik.

Mengambil Sisi Positifnya

Meskipun menerima kritikan bukanlah hal yang mudah, tetapi ketika orang lain menunjukkan respons terhadap kinerjamu walaupun itu sebuah kritikan, maka kamu harus menerimanya. Bagaimana pun orang tersebut hanya menyampaikan penilaiannya kepadamu. Meskipun kamu tidak mengharapkan respons dengan sebuah kritikan, tetapi jangan mudah baper. Akan lebih baik kalau kamu bisa mengambil sisi positifnya. Karena ini akan membantu kamu untuk belajar dan berkembang.

Baca juga: Berikut Cara Merespon Kritikan di Tempat Kerja

Lakukan Introspeksi Diri

Ketika kamu menerima kritikan dari rekan kerja ataupun atasan, sebaiknya sinkirkan egomu sejenak dan lakukanlah introspeksi diri. Coba pahami apakah yang mereka katakan ada benarnya. Jujurlah pada dirimu sendiri tentang kebenaran tersebut, karena tidak semua orang yang memberikan kritik itu benci atau tidak menyukaimu. Terkadang kritikan yang diberikan kepadamu hanya karena mereka tidak setuju dengan keputusanmu. Atau karena mereka memang berharap kamu bisa berubah menjadi lebih baik.

Sekian artikel tentang cara hadapi kritikan di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Yuk, Simak ! Cara Menghadapi Kritikan dari Atasan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar