icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Cara Membangun Sikap Empati di Tempat Kerja
Siker.id | 14 Apr 2022 19:00


Bagikan ke
Membangun sikap empati di tempat kerja (siker)

siker.id - Empati dikatakan sebagai sebuah kemampuan untuk bisa mengenali perasaan orang lain dan ikut juga merasakan apa yang mereka rasakan secara mendalam. Dalam dunia kerja, empati ternyata juga memiliki peran yang sangat penting. Empati bisa dapat membantumu untuk memiliki hubungan yang baik dan kuat dengan orang-orang di sekitarmu bahkan di tempat kerja. Apalagi dalam sebuah tim, kamu akan dituntut untuk memiliki hubungan yang dekat dan personal dengan banyak orang. Lalu bagaimana car akita bisa membangun sikap empati ini di tempat kerja? Berikut ini ulasannya!

Baca juga: Berikut Tips Atasi Bipolar Disorder di Tempat Kerja

Aktif Mendengar

Active listening merupakan salah satu kunci penting dalam rangka meningkatkan empati. Tak dapat dipungkiri banyak orang yang mendengar untuk memperbaiki dan ikut campur dibanding mendengar untuk belajar memahami. Terkadang, yang relasimu butuhkan hanya telinga untuk mendengar dan bukan mulut untuk memberi ceramah dan nasihat. Namun ketika mereka meminta pendapat dan solusimu, kamu bisa ungkapkan dengan hati-hati sehingga tidak menyinggung perasaannya.

Perluas Koneksi Sosial

Empati juga bisa tumbuh ketika kita melihat kehidupan orang-orang yang berbeda dari kita. Jadi salah satu cara untuk meningkatkan empati adalah dengan memperluas koneksi sosialmu. Jangan mau dibatasi oleh circle tertentu yang akan terasa sangat mengekang. Dengan cara ini, kamu nantinya akan dihadapkan dengan lingkungan, masalah, dan tantangan baru serta belajar cara untuk menghadapinya. Tentunya ini adalah pengalaman hidup yang berharga.

Baca juga: 3 Jenis Diskriminasi yang Terjadi di Tempat Kerja

Fokus Pada Komunikasi

Rapat bulanan merupakan salah satu hal yang penting. Hal ini bertujuan untuk meneguhkan tujuan, visi, misi perusahaan agar sejalan dengan visi misi pekerjanya. Pada pertemuan ini juga, kamu dapat membuka sesi sharing untuk saling berbagi keluh kesah dan tantangan pekerjaan. Siapa tahu dengan cara ini, kamu bisa menemukan solusi dari suatu permasalahan secara bersama-sama.

Sekian artikel tentang cara membangun sikap empati di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Cara Bertahan Lama di Tempat Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar