icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Anda Lulusan Teknik Pangan? Simak Prospek Kerjanya
Siker.id | 16 Nov 2021 09:10


Bagikan ke

Siker.id - Program studi Teknologi Pangan mempelajari proses produksi makanan dan memastikan makanan yang diproduksi aman untuk dikonsumsi dan memenuhi kebutuhan gizi konsumen. Maka dari itu, di prodi ini kamu juga akan mempelejari komponen kimiawi dan biologis di dalam makanan yang dapat berefek pada tubuh manusia. Selain itu, prodi Teknologi Pangan turut mempelajari efek sosial dari makananan yang kita konsumsi,termasuk bagaimana makananan mempengaruhi aspek ekonomi, psikologi dan kebudayaan kita. Disini kamu akan belajar bagaimana teknologi pengawetan, pemrosesan, pengemasan, penyimpanan, hingga produk makanan tersebut sampai di tangan konsumen untuk di konsumsi.

Apakah anda ingin berkuliah di jurusan teknologi pangan tetapi masih ragu-ragu? Sebaiknya mantapkan pilihan kalian karena jurusan teknologi memiliki prospek kerja yang cukup beragam. Ada apa saja?

Baca juga: Prospek Pekerjaan Prodi Teknik Sipil, Selengkapnya

1. Peneliti pasar makanan

Peneliti pasar makanan adalah prospek lain dari jurusan teknologi pangan yang tak kalah menarik.

Tugasmu jika berkarier sebagai Peneliti pasar makanan adalah mengumpulkan dan menganalisis data konsumen dan kompetitor di industri makanan.

Dengan informasi tersebut, perusahaan tempatmu bekerja bisa mengembangkan kualitas produk, kepuasan konsumen, dan keuntungan bisnis.

Selain itu, kamu juga harus bisa memperkirakan potensi penjualan sebuah produk berdasarkan kondisi pasar.

2. Konsultan pangan dan gizi

Jenis profesi ini termasuk sangat langka dan memiliki peluang karir yang sangat terbatas.

Sangat sedikit perusahaan yang membutuhkan posisi ini.

Tetapi untuk profesi ini juga sangat dibutuhkan, terutama ketika terjadi suatu kasus yang sangat langka yang berhubungan dengan makanan dan minuman.

Para konsultan pangan biasanya menyediakan suatu jasa konsultasi untuk ahli gizi.

Lalu juga memberikan penyuluhan dan mengadakan suatu workshop tentang kesehatan dan gaya hidup sehat.

3. Manajer penjaminan mutu

Manajer penjaminan mutu adalah polisi dalam industri makanan. Individu yang bekerja dalam jaminan kualitas memastikan bahwa produk makanan memenuhi standar yang benar yang ditetapkan dalam peraturan dan mematuhi semua persyaratan internal dan eksternal.

Profesi ini juga membutuhkan kemampuan untuk mengumpulkan dan mengintepretasikan data berdasarkan peraturan dan prosedur yang ada. Selain itu juga bertugas untuk melaporkan temuan baru kepada manajer senior untuk meningkatkan suatu produk.

Profesi ini juga membutuhkan kemampuan berpikir logis, terorganisir dan strategis, dengan kemampuan memecehkan masalah yang baik.

Baca juga: Bagi Lulusan Teknik Kimia, Simak Prospek Kerjanya Yuk

4. Pengembangan produk

profesi pengembang produk bertanggung jawab untuk membantu food researcher untuk membuat resep produk baru.

Prospek kerja teknologi pangan ini harus bisa membuat preparat sampel yang akurat, mulai dari proses penimbangan dan pengukuran bahan-bahan yang dipakai hingga pencatatan prosesnya.

Sebagian besar pekerjaan profesi ini adalah di lab.

Pengembangan produk yang ada bisa terkait rasa, warna, atau variasi baru lainnya yang cocok dan bisa diterima pasar.

Tak jarang, kamu harus mencoba berkali-kali dan mengetes sample yang ada kepada orang-orang di sekitarmu untuk mencicipi dan memberi berbagai penilaian.

Orang-orang yang berada dalam prospek kerja teknologi pangan satu ini pun haruslah diseleksi dengan ketat, agar terpilih orang yang benar-benar sesuai.

Cukup banyak, bukan, prospek kerja teknologi pangan itu?

Jadi, jangan khawatir dan tetap semangat hingga kamu mendapat pekerjaan impianmu.

Selain memastikan studi berjalan lancar, kamu juga harus mengasah skill di bidang pendukung agar karier bisa semakin gemilang nantinya.

Begitulah sekilas informasi mengenai jurusan Teknik Pangan dan juga prospek kerja bagi lulusannya. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Langkah-langkah Penting dalam Membuat Job Analysis

 

 


Editor: Bagus -

     

Komentar