Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Yuk, Simak!Cara Membatalkan Undangan Wawancara
Siker.id | 29 Oct 2021 18:05


Bagikan ke

siker.id - Ada beberapa hal yang membuat Anda memutuskan untuk tidak melanjutkan proses perekrutan. Padahal waktu untuk melangsungkan wawancara sudah ditetapkan namun karena suatu hal Anda memutuskan untuk tidak melanjutkannya lagi.

Biasanya karena Anda sudah mendapatkan tawaran yang lain ataupun ternyata Anda sadari Anda tidak sesuai dengan visi dan misi perusahaan tersebut. Bagaimana membatalkan wawancara yang sudah ditetapkan dengan cara yang sopan?

Baca juga: Kiat Ampuh agar Negosiasi Gaji Berjalan Lancar

1. Nomor Kontak

Makanya sekali lagi penting buat Anda untuk menyimpan nomor kontak orang yang menghubungi Anda untuk wawancara. Tidak hanya meminta nomor kontaknya, Anda juga mencatat namanya. Sehingga kalau sewaktu-waktu Anda merasa perlu, Anda tidak kelimpungan mencari cara menghubungi perusahaan tersebut.

2. Yakin?

Anda sudah yakin untuk membatalkan wawancara tersebut? Hal ini yang harus Anda pastikan berulangkali jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari. Karena Anda tidak bisa menghubungi perusahaan tersebut dan mengatakan Anda ingin kembali melakukan wawancara yang dibatalkan dulu.

3. Alasan Masuk Akal

Jika sudah positif, berikan alasan yang masuk akal kepada user berkaitan dengan alasan Anda untuk tidak melanjutkan lagi proses perekrutan. Jika Anda sudah mendapat tawaran lain, katakan secara sopan dan lugas tanpa bermaksud mengatakan kalau perusahaan yang lain tersebut lebih baik dari perusahaannya.

Baca juga: Apa Masalah Hukum Yang Dihadapi Karyawan di Tempat Kerja?

4. Tidak Perlu Detail

Anda tidka perlu sampai mengatakan secara detail kalau Anda sudah mendapatkan penawaran menarik dari perusahaan A lengkap dengan detail tawaran yang diberikan. Jikalau perusahaan tersebut bertanya lebih jauh Anda tidak perlu menjadi orang jujur yang mengatakan sebenar-benarnya.

5. Ucapkan Terimakasih

Anda juga selayaknya mengucapkan terimakasih karena sudah diberikan kesempatan untuk melakukan proses perekrutan. Jangan merasa berbangga diri karena seolah beberapa perusahaan mengejar Anda sehingga membuat Anda tinggi hati. Bagaimanapun kalau Anda tidak mendapat tawaran yang lain Anda tidak akan menolak perusahaan tersebut.

6. Datang Saja

Jika Anda memang ingin menunjukkan respect kepada perusahaan tersebut tidak ada salahnya Anda tetap memenuhi undangan wawancara tersebut. Anggap saja sebagai jalan untuk silaturahmi. Toh,belum tentu juga Anda diterima.

Sekian artikel Yuk, Simak!Cara Membatalkan Undangan Wawancara. Bila menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke semua orang.Bila ada kritik dan saran bisa anda tulis pada kolom komentar

Terima kasih

Baca juga: Lalai Daftarkan BPJS, Pengusaha Kena Sanksi?

 


Editor: Bagus -

     

Komentar